Thursday, 17 October 2019

Buruh KSPI Tolak TKA Ilegal

Buruh KSPI Tolak TKA Ilegal

Jakarta, Swamedium.com – Sebagaimana diberitakan sebelumnya terdapat rombongan buruh yang menuju kawasan Monas dan ternyata mereka adalah beberapa elemen buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Presiden KSPI, Said Iqbal dalam wawancaranya dengan reporter swamedium.com, Yoga mengatakan bahwa aksi buruh hari ini adalah untuk menolak Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal yang masuk ke Indonesia. “Jadi hari ini kami berkumpul, kita menolak tenaga kerja asing yang ilegal. Data dari pemerintah adalah data yang legal, nah yang masuk secara ilegal jumlahnya lebih banyak,” ujar Iqbal di kawasan Patung Kuda, jalan MH.Thamrin, Senin (6/2/2017).

Dia juga mengkritisi mengenai kebijakan Pemerintah tentang pembebasan visa. “Tenaga kerja yang masuk ke Indonesia masuk melalui pintu pembebasan visa ini. Pemerintah harus membuat kebijakan moratorium terhadap tenaga kerja asing yang masuk yang tidak memiliki keahlian,” tegas Iqbal.

Masih dikatakan Iqbal, selain tuntutan menolak TKA ilegal ada lima tuntutan lainnya yakni menolak upah murah, menolak revisi UU no.13/2013 tentang ketenagakerjaan, menghapus outsourcing dan pemagangan, menurunkan harga termasuk menolak kenaikan tarif listrik, bbm, gas 3kg, dan kebutuhan pokok lain serta menegakkan kemandirian energi : investor asing wajib bangun smelter dan pengelolaan migas oleh negara. Dari keterangan Iqbal, aksi yang sama juga dilakukan di 19 provinsi lainnya seperti di Bandung, Surabaya dan Semarang. (YOG)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.