Wednesday, 23 October 2019

Muslim Inggris Undang Masyarakat Umum ke Masjid

Muslim Inggris Undang Masyarakat Umum ke Masjid

Birmingham, Swamedium.com — Lebih dari 150 masjid di Inggris membuka pintu mereka untuk masyarakat umum Inggris pada Ahad (5/2) sore. Kegiatan itu merupakan suatu program bernama Visit My Mosque atau berkode #VisitMyMosque.

Muslim Council of Great Britain (MCB) adalah penyelenggara program tersebut. Tuan rumah sanggup menjawab segala pertanyaan tentang Islam dari hadirin yang terdiri dari berbagai agama dan keyakinan. Mereka boleh bertanya tanpa batasan topik.

Masjid Paigham-e-Islam yang berada di Kota Birmingham, kota terbesar kedua di Inggris, merupakan salah satu masjid yang mengikuti program Visit My Mosque. Pihak masjid memfokuskan percakapan pada hukum Islam atau yang dikenal dengan syariat, pandangan Muslim terhadap Yesus, dan apa saja yang pihak masjid lakukan untuk mengonter kelompok negara Islam Irak dan Suriah (Islamic State of Iraq and Syria, ISIS).

Jeremy Corbyn, pemimpin Partai Buruh, mengikuti program Visit My Mosque di masjid dekat rumahnya di Finsbury Park, London Utara.

“Sebuah pesan sopan untuk Trump: Minum teh bersama jauh lebih baik daripada membangun dinding untuk memisahkan kita #VisitMyMosque,” kata Jeremy melalui akun Twitter pribadinya.

Adrees Sharif, seorang pengurus masjid dan pegawai MCB, mengatakan bahwa ikhtiar itu bertujuan untuk mempererat ikatan antara Muslim dengan komunitas-komunitas yang mereka miliki.

“Kami ingin menciptakan dialog daripada debat. Ketika Anda sedang berdebat, Anda akan bertujuan untuk memenangkan sebuah argumen, tetapi ketika Anda melaksanakan diskusi, Anda sedang berbagi tentang keyakinan Anda,” jelas Adress seperti dikutip dari Aljazeera.

Jumlah masjid yang berpartisipasi dalam program Visit My Mosque hampir bertambah dua kali lipat dari tahun lalu, yakni 82.

Adrees mengaitkan kenaikan itu dengan hasrat di antara umat Islam untuk menjelaskan keyakinan mereka di tengah meningkatnya sentimen pihak politik sayap kanan.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.