Wednesday, 26 February 2020

Anies: Kenapa Kampung Akuarium Dikelilingi Tembok Tinggi

Anies: Kenapa Kampung Akuarium Dikelilingi Tembok Tinggi

Jakarta, Swamedium.com—Anies Baswedan, calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, mengaku heran dengan adanya tembok tinggi mengelilingi lokasi gusuran Kampung Akuarium, Penjaringan Jakarta Utara. Hal itu diungkapkannya saat berkunjung ke sana, Selasa pagi (7/2).

Kedatangan Anies Baswedan, ke Kampung Akuarium, merupakan kunjungannya yang ke dua. Kunjungan kali ini, Anies yang datang sendirian tanpa pasangan Calon Wakil Gubernurnya Sandiuno, mengelilingi lokasi bekas gusuran itu.

“Untuk apa tembok setinggi ini,” tanya Anies ke warga.

“Orang miskin gak boleh lihat laut pak,” ucap warga

Salah seorang tokoh wanita Kampung Akuarium, Dharma Diani menyebutkan, sampai sekarang warga tidak tahu apa kegunaan tembok itu.

“Karena tidak pernah ada penjelasan. Kalau buat penahan abrasi kan udah ada seatpealnya. Kalau buat jaga ombak, kan kami bukan pinggiran pantai yang berhadapan langsung dengan ombak,” ucap Dharma.

“Tapi yang pasti tembok itu berdiri bikin kami jauh dari dunia luar. Kami dibuat seperti diasingkan dan tidak berhak untuk melihat laut. Kami seperti di dalam kota terlarang,” tambahnya.

Warga yang berprofesi nelayan, terpaksa harus membuat tangga untuk bisa menuju tempat tambatan perahunya. Tangga dipasang di kedua sisi, di sisi pemukiman dan di sisi pinggir laut tempat perahu ditambatkan.

Untuk merasakan kondisi itu, Anies pun kemudian menaiki tanggul melalui tangga yang disediakan warga dan kemudian turun ke perahu milik warga.

Mata Anies terlihat berkaca-kaca, ketika sejumlah ibu-ibu menumpangkan harapan kepada dirinya untuk bisa mengembalikan Kampung Akuarium seperti semula.

“Dari tempat ini kita menyaksikan ketidakadilan itu secara dahsyat. Di minggu terakhir ini kita diingatkan untuk berjuang untuk mengembalikan ketidakadilan itu, “ kata Anies usai berkeliling di lokasi bekas gusuran yang sekarang sudah banyak berdiri bedeng-bedeng untuk tinggal warga.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.