Wednesday, 23 October 2019

Tolak Reklamasi, Plasma Jakarta Gelar Aksi di Matraman

Tolak Reklamasi, Plasma Jakarta Gelar Aksi di Matraman

Foto: Unjuk rasa Plasma menolak reklamasi di Teluk Jakarta. (Rio/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pelopor Relawan Anies-Sandi Mahasiswa (Plasma) Jakarta menggelar aksi simpatik di perempatan Matraman Raya, Jakarta Timur, Rabu sore (8/2).

Aksi simpatik ini bertujuan menolak proyek pembangunan reklamasi di teluk Jakarta Utara. Mereka menilai reklamasi adalah kebijakan yang keliru dan bukan bertujuan pada kepentingan masyarakat Jakarta.

“Reklamasi hanya akan merusak lingkungan hidup, mengedepankan kepentingan komersil dan bertentangan dengan Undang-Undang (UU) dan Peraturan Presiden (Perpres),” ujar Risdam, Koordinator Lapangan aksi.

Dalam rilis yang diterima reporter swamedium.com, menyebutkan reklamasi dinyatakan tidak layak dan merusak lingkungan melalui Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 16 Tahun 2003, dan terbukti melanggar banyak Undang-undang yakni: UU No. 2 Tahun 2007, UU No. 26 Tahun 2007, UU No. 2 Tahun 2012, UU No. 32 Tahun 2004, UU No. 7 Tahun 2016 dan Perpres NO. 22 Tahun 2012.

“Atas dasar itu kami menuntut agar proyek reklamasi dihentikan dan meminta calon gubernur mendatang agar dapat menghentikan proyek reklamasi, meningkatkan pemberdayaan warga teluk Jakarta dan menghormati keputusan hukum yang telah memenangkan gugatan warga di PTUN,” tutup Risdam. (*/ro)

Foto: Rio

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.