Thursday, 17 October 2019

Agus-Sylvi Diprediksi Maju di Putaran Kedua Pilkada DKI versi Survey GRP

Agus-Sylvi Diprediksi Maju di Putaran Kedua Pilkada DKI versi Survey GRP

Jakarta, Swamedium.com — Lembaga survey Grup Riset Potensial (GRP) memprediksi pasangan calon nomor 1 Pilkada DKI, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sylvia Murni maju ke putaran kedua.

Hasil survey kedua GRP disebutkan, AHY-Sylvi meraih elektabilitas paling tinggi dari dua pasangan lainnya. AHY-Sylvi meraih 47 %, disusul di urutan kedua Anies Baswedan-Sandiuno 25 % dan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (BTP)-Djarot Saiful Hidayat (DSH) 23 %. Sisanya 5 % tidak menjawab.

Peneliti GRP Farit Mochamad Afendi menyebutkan, survey kedua dilakukan di 267 kelurahaan di ibukota Jakarta. Survey dikelompokan menjadi 27 kelompok berdasarkan profil elektabilitas pasangan calon hasil survey yang dilakukan sebelumnya

“Lalu dari masing-masing strata dipilih satu kelurahan secara acak,” kata Farit dalam rilis elektabilitas Pilgub DKI di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (9/2)

Dari survey GRP, AHY-Sylvi unggul di 193 kelurahaan dengan selisih di atas 10 % dari pesaing terdekat di kelurahan yang bersangkutan. Sedangkan Anis-Sandi dominan di 9 kelurahaan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Anis-Sandi unggul di lokasi-lokasi tergolong kelas menengah-atas di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan seperti Kebayoran, Menteng dan Bangka.

Sementara, elektabilitas AHY-Sylvi cukup dominan di wilayah yang diperkirakan menjadi basis Basuki-Djarot, seperti Pluit, Kelapa Gading, Sunter dan Grogol Petamburan.

Pasangan BTP-DSH sendiri memiliki elektabilitas di atas 30% di wilayah menengah atas dan kawasan Tionghoa, seperti Mangga Dua dan Kamal Muara, Penjaringan, Pekojan, Roa Malaka dan Bali Mester.

Hasil survey menempatkan pasangan AHY-Sylvi diprediksi akan lolos putaran pertama, sementara posisi pasangan Anis-Sandi dan BTP-DSH masih belum aman. (dr)

Foto: ist

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.