Wednesday, 23 October 2019

Dewan Pers Minta Wartawan Lawan Berita Hoax

Dewan Pers Minta Wartawan Lawan Berita Hoax

Ambon, Swamedium.com — Maraknya berita hoax alias palsu membuat gerah insan pers, termasuk Dewan Pers. Untuk itu, Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo meminta wartawan melawan berita hoax ini.

“Tugas utama jurnalis adalah menyampaikan kebenaran. Sekarang, kebenaran ini dicemari oleh berita hoax. Wartawan harus melawan ini,” kata Stanley pada puncak peringatan Hari Pers Nasional 2017 yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, di Ambon, Kamis (9/2).

Berita hoax yang tersebar, tidak saja menyebarkan kebohongan tetapi juga menebar kebencian, fitnah, dan ketidakpercayaan, termasuk kepada lembaga publik. Penyebaranya dimulai melalui situs berita ‘abal-abal’ lalu disebarluaskan ke berbagai media sosial.

“Ada banyak orang menjadi korban dari media dunia maya ini,” ucapnya seperti dikutip antara.

Dalam acara puncak Hari Pers Nasional ini juga dihadiri Ketua MPR Zilkifli Hasan, Ketua DPR Setya Novanto, Ketua DPD M. Saleh, para menteri, termasuk Panglima TNI, Kapolri, para duta besar, Gubernur Maluku Said Assagaff dan jajarannya, serta ribuan insan pers dari seluruh Indonesia itu.

Stanley meminta media arus utama harus berperan aktif menyampaikan kebenaran dengan menyampaikan pemberitaan oleh wartawan yang mempunyai kompetensi dan memegang teguh etik profesi.

Puncak HPN 2017 juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh pers, seperti Karni Ilyas (TVOne), Wahyu Muryadi (Tempo), Andi F Noya (MetroTV), serta sejumlah BUMN, seperti Pertamina, Garuda, Bank Mandiri, BNI, BRI, dan pihak swasta Artagraha Peduli. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum PWI Pusat Margiono. (*/dr)

Foto: ist

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.