Thursday, 17 October 2019

Fatigue: Mengapa Saya Merasa Sangat Lelah?

Fatigue: Mengapa Saya Merasa Sangat Lelah?

Jakarta, swamedium.com – Fatigue adalah suatu kondisi tubuh yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, yang biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah. Kelelahan dapat akut dan datang tiba-tiba atau kronis dan bertahan ().

Sebenarnya manusia memerlukan rasa lelah sebagai peringatan bahwa tubuh memerlukan istirahat atau ada sesuatu yang dibutuhkan tubuh, sehingga bisa dianggap bahwa rasa lelah merupakan sesuatu yang alami dan wajar.

Secara medis, kelelahan (fatigue) lebih cenderung dianggap sebagai gejala, bukan penyakit  karena merujuk pada kondisi penurunan kemampuan otot untuk berfungsi secara optimal. Biasanya gejala ini hanya berlangsung sementara dan dapat pulih kembali setelah istirahat. Fatigue lebih cenderung ke arah merasa mengantuk dan tidak mampu berkonsentrasi dengan baik.

Beberapa kemungkinan penyebab fatigue, diantaranya:

  1. 1. Kurang asupan makanan
  2. 2. Kurang asupan air
  3. 3. Kurang istirahat atau sulit tidur
  4. 4. Bekerja terlalu keras
  5. 5. Karena penyakit tertentu
  6. 6. Dalam masa penyembuhan
  7. 7. Depresi
  8. 8. Hamil
  9. 9. Perubahan gaya hidup yang drastis
  10. 10. Efek dari minuman berakohol dan zat adiktif lainnya

 

Menerapkan pola hidup sehat merupakan cara yang ampuh menghindari fatigue. Mandi air hangat setelah bekerja atau sebelum tidur juga dapat membuat tubuh terasa santai dan segar. Jika keadaan lelah, letih, dan lesu terus berkelanjutan maka perlu segera memeriksakan diri ke dokter agar segera diketahui apa penyebab pastinya. (*/be)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.