Thursday, 17 October 2019

Samijo, 35 Tahun Tinggal di Jakarta Belum Pernah Nyoblos

Samijo, 35 Tahun Tinggal di Jakarta Belum Pernah Nyoblos

Jakarta, Swamedium.com—Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tinggal menghitung hari. Sebagian warga mulai sibuk memeriksa daftar pemilih tetap (DPT) yang terpampang di kelurahaan. Tapi, tidak bagi Samijo.

Samijo (55), pedagang mie ayam keliling, warga Kelurahaan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara asal Wonogiri, Jawa Tengah ini mengaku tidak ikut memilih dalam Pilkada DKI. Ini untuk ke sekian kalinya, sejak tinggal 35 tahun di Jakarta, tidak ikut memilih.

“35 tahun saya tinggal di Jakarta, belum sekalipun saya ikut memilih,” ucap Samijo.

Samijo, tidak ikut memilih, bukan karena ikut gerakan Golput. “Tapi saya sampai sekarang tidak punya KTP Jakarta,” katanya lagi.

“Pingin sih ikutan milih, tapi gimana KTP saya masih KTP daerah. Saya tidak tahu gimana caranya bikit KTP Jakarta,” ujarnya lagi.

Ayah dari tiga orang anak ini, mengaku sejak tahun 1981 sudah berjualan mie ayam di Jakarta. “Berawal jualan di Gudang Baru (kini TPK, Koja) sampai pidah ke belakang Islamic,” tambahnya.

Selain Samijo pedagang ayam, masih banyak Samijo-samijo lain di Jakarta yang tidak bisa memilih. Karena ketidaktahuan, dan kesibukan mengais rejeki sejak Subuh di jalanan Jakarta, mereka tidak sempat untuk mengurus KTP Jakarta.

Semoga siapapun yang menang dalam Pilkada DKI nanti, orang-orang seperti Samijo ini menjadi perhatian. (dip)

Foto: Samijo dengan gerobak mie ayamnya (dip)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.