Sunday, 20 October 2019

Jangan Gegabah Belanjakan Gaji Pertama

Jangan Gegabah Belanjakan Gaji Pertama

Foto: Ilustrasi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com- Mendapat gaji pertama dari hasil kerja selalu menyenangkan. Biasanya, ketika gaji pertama diperoleh banyak orang membelanjakan dengan mentraktir kawan-kawan atau untuk bersenang-senang.

Kebiasaan bersenang-senang atau konsumtif untuk gaji pertama itu tidak baik. Pasalnya, jika kebiasaan itu diteruskan, dalam dua tahun Anda tidak punya aset apa pun.

Alangkah baiknya, sejak dini anda mulai mengelola pembelanjaan gaji pertama itu dengan baik, seperti yang dikutip dari CekAja.com.

1. Gunakan aplikasi
Generasi milenial pasti tidak asing dengan dengan gawai dan tekonologi. Kali ini tinggalkan sejenak media sosial dan coba unduh aplikasi pencatat keuangan.

Selain mencatat, Anda juga bisa mengatur budget untuk konsumsi, transportasi, hiburan, dan sebagainya. Ketika budget sudah habis, tandanya Anda harus stop menghabiskan uang.

2. Punya goal finansial
Salah satu kesalahan besar generasi milenial adalah menghabiskan banyak uang untuk konsumsi dan menunda menabung. Ini karena banyak generasi milenial yang tidak punya goal finansial.

Akan tetapi, kalau punya goal finansial, misalnya bisa beli rumah setelah lima tahun bekerja, atau bisa punya mobil setelah tiga tahun bekerja, Anda akan lebih fokus dalam mengatur keuangan. Ketika ada godaan diskon, Anda teringat tujuan besar untuk memiliki rumah atau mobil.

3. Menyadari besaran penghasilan
Salah satu hal mengejutkan bagi milenial adalah menerima gaji dengan banyak potongan. Potongan pajak penghasilan, asuransi, tabungan pensiun membuat angka yang tadinya terkesan lumayan jadi terasa sedikit.

Untuk itulah, sebelum negosiasi gaji, Anda harus sudah menghitung besaran biaya untuk tempat tinggal, makan, transportasi, hiburan, dan lain-lain. Jika belum sesuai, Anda bisa mengajukan angka lebih tinggi. Jika gaji pas-pasan dengan kebutuhan hidup, Anda harus mencari akal untuk mencari penghasilan tambahan.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.