Jumat, 02 Oktober 2020

Hak Angket “Ahok Gate” Sudah Disetujui 4 Fraksi

Hak Angket “Ahok Gate” Sudah Disetujui 4 Fraksi

Jakarta, Swamedium.com — Pembentukan Panitia Khusus Angket Ahok Gate di DPR-RI tinggal menunggu hari. Saat ini sudah 93 orang dari empat fraksi di DPR yang menandatangani penggunaan hak angket anggota DPR terkait diaktifkan kembali Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang saat ini berstatus terdakwa sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dari daftar yang beredar, empat fraksi yang sudah setuju menggunakan hak angket adalah Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN dan Fraksi PKS. Saat ini, masih ditunggu tandatangan persetujuan dari Fraksi PKB dan Fraksi PPP.

Sesuai Undang-Undang No 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Pengaturan, Pasal 177 mengenai hak angket disebutkan hak angket harus diusulkan oleh minimal 24 anggota DPR dan lebih dari satu fraksi. Sementara saat ini sudah 93 orang anggota dari 4 fraksi yang tandatangan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengatakan, untuk saat ini sudah ada 13 orang anggota DPR RI dari fraksinya yang telah menyetujui dan menandatangani usulan hak angket terkait keputusan Mendagri tersebut.

Fadli Zon menjelaskan bahwa ada tiga alasan mengapa perlu adanya hak angket, pertama, adanya dugaan pelanggaran terhadap kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan UU Pemda. Kedua, ada yurisprudensi yang selama ini berlangsung terkait kasus-kasus pemberhentian gubernur bahkan ada yang belum masuk pengadilan sudah diberhentikan. Ketiga terkait janji Mendagri yang akan memberhentikan setelah menyelesaikan masa cuti.

“Kebijakan ini tidak sejalan dengan yurisprudensi yang selama ini berlangsung terkait kasus-kasus pemberhentian gubernur misalnya Gubernur Banten, Gubernur Sumatera Utara, dan Gubernur Riau,” ujarnya. (jm/d)

Foto: ist

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.