Kamis, 24 September 2020

Hidayat Nur Wahid: Pernyataan Ahok Melawan UUD 1945

Hidayat Nur Wahid: Pernyataan Ahok Melawan UUD 1945

Jakarta, Swamedium.com – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menanggapi pernyataan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menyebut bahwa memilih pemimpin berdasarkan agama bertentangan dengan konstitusi, itu justru melawan UUD 1945.

Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari sikap implementasi sila pertama Pancasila. Di samping itu, Hidayat Nur Wahid juga mengatakan, jika konstitusi kita pun tidaklah melarang hal tersebut.

“Konstitusi yang sah dan legal di NKRI yaitu UUD Negara Republik Indonesia 1945, jelas tidak melarang apalagi menganggap memilih pemimpin berdasarkan agama sebagai melawan konstitusi,” kata Hidayat dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, (12/2).

Hidayat Nur Wahid juga menerangkan bahwa berdasarkan Pasal 29 ayat 2 UUD 1945 yang menyebutkan, Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu.

Apabila ada umat muslim yang menyerukan berdasarkan surah Al Maidah ayat 51 dan juga merupakan dari ibadah dalam memilih pemimpin hal itu tidaklah salah.

“Dan diantara ajaran Agama Islam, adalah tentang kepemimpinan dan memilih pemimpin, sebagaimana diatur Al Qur’an dalam Surat Al Maidah ayat 51 itu,” imbuhnya.

“Jadi pernyataan Basuki Tjahaja Purnama, cagub yang berstatus terdakwa dalam kasus penistaan agama itu jelas yang bertentangan dengan Konstitusi RI yaitu UUD 1945,” tegasnya. (jm)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.