Kamis, 24 September 2020

Keputusan Mendagri Menuai Hak Angket ‘Ahok Gate’

Keputusan Mendagri Menuai Hak Angket ‘Ahok Gate’

Jakarta, Swamedium.com – Kecaman terus dituai oleh Mendagri Tjahjo Kumolo yang berujung Fraksi Partai Gerindra DPR RI mengajukan hak angket terkait keputusan Mendagri mengaktifkan kembali Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang status hukumnya sedang menjadi terdakwa di kasus dugaan penodaan agama.

“Kami fraksi Gerindra dan mungkin nanti ada sejumlah kawan-kawan dari fraksi lain sedang menginisiasi pansus angket. Kita belum ketemu tapi dari fraksi Gerindra akan mengajukan satu pansus angket. “Ahok Gate,” ujar Fadli Zon di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (13/2).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengatakan, untuk saat ini sudah ada 13 orang anggota DPR RI dari fraksinya yang telah menyetujui dan menandatangani usulan hak angket terkait keputusan Mendagri tersebut.

Fadli Zon menjelaskan bahwa ada tiga alasan mengapa perlu adanya hak angket, pertama, adanya dugaan pelanggaran terhadap kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan UU Pemda. Kedua, ada yurisprudensi yang selama ini berlangsung terkait kasus-kasus pemberhentian gubernur bahkan ada yang belum masuk pengadilan sudah diberhentikan. Ketiga terkait janji Mendagri yang akan memberhentikan setelah menyelesaikan masa cuti,” ungkapnya.

Berikut nama-nama dari 13 orang anggota DPR RI dari fraksi Gerindra yang telah mendatangani usulan hak angket di gedung Parlemen DPR RI Senayan: Fadli Zon, Supratman, Kardaya Warnika, Sodik Mujahid, Heri Gunawan, Biem Benyamin, Moreno Suprapto, Willgo Zainar, Harry Poernomo, Endro Hermono, Oo Sutisna, Susi Marleny Bachsin, dan Asril Tanjung. (jm)

foto: ist

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.