Sabtu, 04 April 2020

Antasari Azhar Sebut SBY Kriminalisasi Dirinya

Antasari Azhar Sebut SBY Kriminalisasi Dirinya

Jakarta, Swamedium.com — Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Antasari Azhar secara terang-terangan menyebut nama Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terlibat dalam kriminalisasi dirinya.

Hal itu diungkapkan usai melapor ke Bareskrim Mabes Polri di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Selasa (14/2),

Antasari menjelaskan, SBY melakukan hal tersebut terkait penahanan besannya, Aulia Pohan. Dia juga mengatakan SBY mengutus Hary Tanoesudibjo untuk menemuinya.

“Dia datang malam-malam ke rumah saya. Orang itu siapa? Orang itu adalah Hary Tanoesudibjo (HT). Beliau diutus oleh Cikeas (SBY) dan meminta agar saya tidak menahan Aulia Pohan. Dia mengatakan menemui saya ketika itu karena diperintah,” ujar Antasari ketika memberikan keterangan pers di Gedung KKP pada hari ini.

Dalam transkrip yang diterima redaksi, HT menyebut jika permintaan Cikeas tersebut tak dipenuhi, bisa berdampak kepada keselamatan Antasari. Namun, mantan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan itu tetap menolak permintaan Cikeas.

“Saya katakan tidak bisa. KPK ini sudah ada SOP (standar operasional prosedur) nya. Kalau sudah tersangka maka harus ditahan,” kata Antasari.

Antasari, saat itu menyampaikan kepada HT apa pun risiko dari keputusannya, dia mengaku sudah siap. Sebab, itu merupakan bagian dari konsekuensi profesinya sebagai penegak hukum. (*)

Foto: ist

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.