Jumat, 02 Oktober 2020

Waspada, Kebakaran Lahan Gambut Mulai Terjadi di Riau

Waspada, Kebakaran Lahan Gambut Mulai Terjadi di Riau

Pekanbaru, Swamedium.com — Sekitar 12 hektar lahan gambut terbakar di Desa Tanjung Peranap, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Kebakaran sudah terjadi sejak Minggu kemarin (12/2).

“Sudah tiga hari terbakar. Anggota kita bahkan menginap di lokasi untuk menanggulangi dan mencegah api meluas,” kata Kepala BPBD Meranti, Edy Safrizal seperti dikutip Antara, Selasa (14/2).

Untuk memadamkan kebakaran lahan gambut itu, BPBD Meranti dibantu oleh Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Manggala Agni dari Dinas Kehutanan, serta aparat gabungan TNI dan Polri. Tim ini terus berusaha memadamkan api supaya tidak meluas.

“Alhamdulillah saat ini mulai berhasil diatasi. Hari ini tim gabungan fokus pendinginan di titik api,” ucapnya.

Laporan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyebutkan, ada empat titik panas yang terdeteksi di Riau. Titik panas itu diindikasikan sebagai kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen hari ini.

Titik panas itu berada di Kabupaten Pelalawan, Meranti dan Rokan Hilir dengan dua titik. Satu titik panas di Meranti sudah dikonfirmasi sebagai titik api. (*/d)

Foto: ilustrasi

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.