Jumat, 25 September 2020

Kurangnya Form Daftar Pemilih Tambahan Salah Satu Ricuh Pilkada DKI

Kurangnya Form Daftar Pemilih Tambahan Salah Satu Ricuh Pilkada DKI

Jakarta, Swamedium.com- Kericuhan kekurangan surat suara yang terjadi di beberapa TPS di Jakarta Utara pada pemilihan kemarin Rabu (15/2) banyak menjadi sorotan publik. Kenapa surat suara bisa kurang di beberapa TPS.

Desinta, Komisioner Bidang Penindakan Panwas Kota Jakarta Utara menyebutkan, kericuhan bukan disebabkan kurangnya surat suara yang ada di TPS, melainkan kurangnya form DPTB (daftar pemilih tambahan)

“KPUD DKI hanya menyediakan 10 formulir DPTB di setiap TPS untuk Pilkada tahun 2017. Sedangkan pada Pilkada sebelumnya (2012) ada 20 di setiap TPS,” ujarnya kepada swamedium.com, Kamis (16/2) siang di Kantor Panwas Kota Jakarta Utara.

Seperti yang terjadi di TPS Rusun Marunda, Kecamatan Cilincing. Diberitakan banyak pemilih yang tidak kebagian surat suara.

Menurut Desinta, berdasarkan laporan panwas pemilu lapangan, surat suara ada di KPPS. “Yang tidak ada itu form DPTB. Sementara pemberitahuan KPU bahwa form DPTB bisa di foto copy telat sampai ke petugas kpps. Sedangkan waktu pemilihan hanya bisa dilaksanakan hingga pukul 13:00 WIB,” ujarnya lagi. (dip)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.