Senin, 21 September 2020

‘One Man One Vote’ Akan Tentukan Nasib ‘Ahok Gate’ di Paripurna DPR

‘One Man One Vote’ Akan Tentukan Nasib ‘Ahok Gate’ di Paripurna DPR

Jakarta, Swamedium.com — Kelanjutan Hak Angket DPR terkait tidak dinonaktifkannya Basuki Tjahaja Purnana meski statusnya telah menjadi terdakwa pada kasus penistaan agama akan dibawa ke sidang paripurna.

“Sudah sampai rapim (rapat pimpinan). Dan sudah sampai penjadwalan (rapat) Bamus (Badan Musyawarah),” ujar Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (17/2).

Menurut Fahri, rapat Bamus dijadwalkan awal pekan depan. Agendanya adalah membahas kelanjutan usulan hak angket ‘Ahok-Gate’. Di Bamus ini, pimpinan DPR dan pimpinan fraksi akan membahas jadwal sidang paripurna.

Dalam sidang paripurna nanti, baru akan dibacakan usulan hak angket. Belum pada keputusan. Seperti diketahui, 4 fraksi yang menginisiasi ‘Ahok-Gate’ adalah Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKS, dan PAN.

Saat ditanya kemungkinan hak angket ‘Ahok Gate’ menjadi usulan pada sidang paripurna, Fahri mengatakan bahwa hal tersebut adalah hak individu anggota Dewan.

“Itu kan hak anggota, bukan hak fraksi, keputusan dan kesepakatan itu adalah hak anggota. Meskipun anggota ada di fraksi, tapi votingnya itu tetap orang per orang,” papar Fahri.

“Begitu masuk dalam keputusan, dan aspirasi anggota itu, one man one vote, jadi tetap berdasarkan orang per orang,” tutupnya. (ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.