Rabu, 21 Oktober 2020

Musim Hujan Musim Banjir, 22 Titik Banjir di Surabaya

Surabaya, Swamedium.com — Hujan deras yang melanda Kota Surabaya, Jawa Timur, sepanjang Jumat (17/2) kemarin, telah membuat kota ini dilanda banjir. Tercatat ada 22 titik banjir di kota Surabaya.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, banjir yang merendam kota Surabaya, Jumat Sore disebabkan drainase tidak mampu menampung debit air yang masuk.

Seperti yang terjadi di daerah Simo, Katrungan. Hujan deras yang mengguyur kota Pahlawan menyebabkan drainase tidak mampu mengalirkan run off. Akibatnya terjadi banjir hingga ketinggian air 1 meter.

“Banjir rendam jalanan di Kota Surabaya 17/2/2017 sore. Drainase perkotaan di kota-kota besar di Indonesia harus segera dibenahi,” tulis Sutopo dalam akun twitternya @Sutopo_BNPB

Dari catatan BNPB, terdapat 22 titik di Kota Surabaya terendam banjir. Genangan sebagian sudah surut. Tidak ada korban jiwa.

Sutopo juga menghimbau pemerintah di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogya, Semarang dan kota lainnya, untuk segera membenahi saluran drainase kota.

“Kota Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogya, Semarang dan kota-kota lain makin rentan banjir krn hanya mengejar pertumbuhan pembangunan,” cuit Sutopo diakunnya. (dr)

Foto: Salah satu lokasi banjir di Surabaya. (bnpb)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.