Selasa, 22 September 2020

Cari Tahu Masalah Tenaga Kerja, Fahri Hamzah Sambangi TKI Hongkong

Cari Tahu Masalah Tenaga Kerja, Fahri Hamzah Sambangi TKI Hongkong

Foto: Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. (ist)

Hongkong, Swamedium.com — Terkait rencana pemerintah untuk merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2004 mengenai perlindungan pekerja Indonesia di luar negeri, ketua tim pengawas tenaga kerja Indonesia (TKI) DPR RI Fahri Hamzah melakukan kunjungan ke Hongkong dan menemui para TKI dari Indonesia agar dapat masukan revisi UU terkait.

“Kami ingin melihat gambaran langsung, memetakan secara jelas persoalan yang terkait penempatan TKI di Hong Kong, mulai dari sejak meninggalkan kampung halamannya, selama di negara penempatan hingga saat mereka telah kembali ke Tanah Air,” ujar Fahri di Hong Kong, Sabtu malam (18/2).

Fahri menyampaikan, tujuan menyambangi TKI di Hongkong untuk mengetahui permasalahan dan persoalan yang sering di alami TKI, agar dapat di bangun sistem yang lebih efektif serta menjamin perlindungan terhadap TKI. Karena menurutnya, TKI merupakan pahlawan devisa negara RI.

“Selama ini, misalnya, koordinasi dan integrasi antara Kementerian Tenaga Kerja dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TK), masih tumpang tindih, terkadang malah saling melempar tanggung jawab, sehingga TKI ketika berada di negara penempatan dan kembali ke Indonesia, merasa seperti tidak diperhatikan,” jelas Fahri.

Setelah mendapatkan hasil pemetaan langsung tentang permasalahan TKI di Hongkong, akan menjadi salah satu rujukan bagi revisi UU No 39 tahun 2004.

“Sehingga ke depan, sistem perlindungan TKI di luar negeri semakin efektif,” tutur Fahri.

Fahri dan rombongannya, didampingi Konsulat Jendral (Konjen) RI Hong Kong Tri Haryati, menemui TKI di penampungan yang di kelola oleh dompet dhuafa dan Konjen Indonesia. Dari pertemuan tersebut terjadi dialog antara TKI dan Timwas TKI DPR RI.

Hasil dari dialog diketahui ada persoalan yang terjadi dimana sebagian besar TKI bermasalah di penampungan mengaku tidak tahu mengenai BNP2TKI, Perwakilan RI di Hong Kong, apalagi tentang seluk beluk ketenagakerjaan di Hong Kong.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.