Kamis, 24 September 2020

Pembaruan Istimewa Ada di Kernel Linux 4.9

Jakarta, Swamedium.com — Sudah menjadi suatu kebiasaan rutin, kernel Linux yang digunakan sebagai perangkat lunak inti dari sebuah sistem operasi komputer GNU/Linux dirilis secara cepat dibandingkan dengan sistem operasi komputer lain seperti Windows yang dibuat oleh Microsoft.

Berdasarkan data dari zdnet.com, kernel Linux merupakan proyek kolaborasi yang dikerjakan oleh lebih dari 10.000 programmer di dunia baik programmer suka rela maupun dari perusahaan seperti Intel.

Rilis kernel Linux versi 4.9 kali ini menjadi sebuah kabar yang istimewa. Seperti yang di kutip dari linux.com, perubahan signifikan ada pada bagian perangkat keras. Mungkin anda pernah mendengar proyek ponsel pintar bongkar pasang ARA yang diprakasai oleh Google?
Linus Torvald sang pencipta Linux tertarik akan konsep tersebut dengan mengimplementasikan konsep dari ponsel pintar modular ke dalam kernel ciptaannya.

Kernel Linux untuk komputer juga mengalami perubahan peningkatan khususnya bagi anda yang ingin memainkan games di sistem operasi GNU/Linux. Pada komponen kartu grafis seperti AMD Radeon yang menjadi kontributor pertama yang berkontribusi banyak dalam pembuatan kernel Linux versi 4.9 ini.

Terdapat peningkatan performa dengan tambahan dukungan perangkat keras dan lunak serta tambahan improvisasi lebih banyak pada Vulkan API. Tambahan dukungan dari prosesor generasi baru Intel Skylake pun tak luput dari perhatian Linus. Perangkat keras ARM seperti Raspberry Pi Zero, BeagleBoard-x15 rev B1, dan ponsel pintar LG Nexus 5 juga mendapat dukungan perangkat keras dari kernel Linux versi 4.9. Artinya anda dapat mengeksplorasi lebih terhadap perangkat keras tersebut.

Linux versi 4.9 juga menambahkan kode algoritma BBR congestion control ke dalam komponen TCP agar dapat menikmati kecepatan internet yang lebih cepat.

Tambahan dukungan lainnya yang ada pada kernel Linux 4.9 adalah file system yang umum digunakan seperti Brtfs, XFS, F2FS, dan EXT4 untuk semua perangkat penyimpanan. Tambahan ini dapat meningkatkan performansi dan reliable pada perangkat penyimpanan. (*/rk)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.