Wednesday, 19 February 2020

Akan Dibangun Apartemen di Lokasi Kebakaran Pasar Senen yang Berbeda dengan Rumah Susun

Akan Dibangun Apartemen di Lokasi Kebakaran Pasar Senen yang Berbeda dengan Rumah Susun

Jakarta, Swamedium.com — Menurut pernyataan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, di Balai Kota, Selasa (14/2), hunian berbentuk apartemen akan dibangun di Blok I dan II Pasar Senen yang terbakar habis pada Kamis, 19 Januari lalu.

Saefullah mengatakan bahwa apartemen itu akan dibangun seperti rumah susun (rusun) di Pasar Rumput dan rusun di Pasar Minggu yang terintegrasi dengan pasar.

Mantan Wali Kota Jakarta Pusat itu menyatakan apartemen itu berbeda dengan rusun di kedua pasar tersebut. Apartemen Pasar Senen diutamakan untuk penghuni rusun yang ingin menempati hunian yang lebih bagus. Selain itu, penduduk DKI pun berpeluang untuk menyewa unit apartemen. Namun, nilai sewanya masih belum ditentukan.

Apartemen Pasar Senen akan dibangun di Blok I dan II oleh PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama, anak perusahaan PT. Pembangunan Jaya (pemilik dan pengelola Blok I dan II Pasar Senen). Menurut presiden direktur PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Sutopo Kristanto, relokasi para pedagang ke tempat penampungan sementara (TPS) akan selesai pada 10 Maret 2017.

Rusun di Pasar Rumput akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), lalu akan dikelola oleh PD. Pasar Jaya setelah rampung.

Konsepnya, tiga lantai pertama setiap bangunan dijadikan pasar, sedangkan rusun sewa (rusunawa) terletak di atasnya. Rusunawa tingkat tinggi itu akan dibangun hingga 24 lantai.

Sementara itu, rusunawa tingkat tinggi Pasar Minggu terdiri dari tiga menara, dua menara setinggi 23 lantai, sedangkan satu menara 17 lantai.

Menurut penjelasan Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin, Rabu (8/2), Luas keseluruhan bangunan rusunawa tingkat tinggi Pasar Minggu ialah 100.973 m². Jumlah hunian sebanyak 1.274 unit, mampu menampung 5.096 orang.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.