Wednesday, 26 February 2020

Kasus Korupsi Pembangunan Jalan di Jayapura, KPK Sita Dokumen di Surabaya

Kasus Korupsi Pembangunan Jalan di Jayapura, KPK Sita Dokumen di Surabaya

Jakarta, Swamedium.com — Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita sejumlah dokumen terkait pengadaan dan pembayaran terkait proyek jalan di Jayapura.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, dokumen-dokumen tersebut disita dari sejumlah lokasi yang digeledah penyidik KPK beberapa waktu lalu.

Disebutkan sebanyak tiga lokasi di Surabaya, Jawa Timur, digeledah pada Selasa (21/2). Tiga lokasi tersebut adalah sebuah rumah di Jalan Pemuda, Surabaya, sebuah rumah di Perumahan Graha Family, Surabaya dan sebuah kantor di Jalan Tidar, Surabaya.

Dari ketiga lokasi itu, penyidik menyita sejumlah dokumen terkait dengan pengadaan dan pembayaran proyek jalan di Jayapura.

Tetapi, Febri enggan menjelaskan, mengenai identitas saksi pemilik rumah dan kantor yang digeledah penyidik ini.

“Yang jelas dari ketiga lokasi itu penyidik penyita dokumen terkait pengadaan dan dokumen pembayaran,” kata Febri di kantornya, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (21/2).

Febri juga menambahkan, pihaknya telah memeriksa lima saksi kasus ini di Mapolda Jawa Timur pada Rabu dan Kamis lalu. Lima saksi itu adalah pihak supplier dan karyawan PT Bintuni Energi Persada (BEP) sebagai pemenang tender proyek jalan di Jayapura.

“Iya Rabu dan Kamis penyidik periksa pihak supplier dan karyawan kantor BEP. Pemeriksaan di Mapolda Jatim,” kata Febri.

Sebelumnya, KPK menetapkan Kepala Dinas PU Provinsi Papua, Mikael Kambuaya sebagai tersangka korupsi pembangunan jalan di Jayapura yang memakai APBD-P tahun 2015.

Febri menjelaskan, Mikael yang juga pengguna anggaran ini diduga menyalahgunakan wewenangnya dan disangka melanggar Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU Tipikor Jo. Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Proyek peningkatan jalan itu bernilai Rp89,5 miliar. Pemenang tendernya adalah PT BEP yang berkantor pusat di Jakarta. (jm)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.