Kamis, 24 September 2020

Hak Angket “Ahok Gate” Berlanjut Jika Alasan Mendagri Tidak Kuat

Hak Angket “Ahok Gate” Berlanjut Jika Alasan Mendagri Tidak Kuat

Jakarta, Swamedium.com — Menteri dalam negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan melakukan rapat kerja (Raker) dengan Komisi II DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/2).

Rapat kerja ini akan di fokuskan mengenai alasan keputusan Mendagri mengaktifkan kembali Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta, padahal status hukumnya terdakwa.

Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali yang juga politisi Golkar, menuturkan undangan rapat kerja bersama dengan Mendagri bukan sebagai kelanjutan usulan hak angket “Ahok gate”, melainkan agenda rapat kerja yang sudah di jadwalkan, karena jadwal rapat kerja sebelumnya Mendagri berhalangan hadir.

“Kita harapkan saat raker ini kita bisa dapatkan penjelasan langsung dari Mendagri tentang alasan-alasan beliau terkait memberhentikan sementara atau tidak memberhentikan sementara,” ujar Zainudin.

“Memang kami mengundang Mendagri pada kesempatan sebelumnya cuma karena waktunya tidak bisa, maka baru pada tanggal 22 hari ini. Tapi sebenarnya jadwal dengan para mitra itu kami putuskan pada awal masa sidang,” jelasnya.

Menurutnya, penjelasan dari Mendagri terkait keputusan mengaktifkan kembali Ahok, bisa menjadi bahan pertimbangan bagi PAN, PKS, Gerindra, dan Demokrat untuk memutuskan melanjutkan hak angket.

“Kalau penjelasan mendagri cukup, ya tentu bisa jadi pertimbangan bagi teman-teman yang ajukan hak angket. Kalau dianggap belum cukup, ya silakan itu hak yang melekat masing-masing anggota dewan. Tetapi harus pertimbangkan alasan-alasan,” tegasnya.

“Jika nanti mendagri memberikan alasan yang belum jelas atau tidak memuaskan, empat fraksi dipersilakan melanjutkan hak angket ahok gate kepada pemerintah,” pungkasnya. (jm/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.