Sabtu, 12 September 2020

BPJS Ketenagakerjaan Hadir di PTSP Seluruh Indonesia

BPJS Ketenagakerjaan Hadir di PTSP Seluruh Indonesia

Foto. Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. (ist)

Nusa Dua, Swamedium.com — BPJS Ketenagakerjaan akan hadir langsung pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di seluruh Indonesia.

Hal tersebut sebagai wujud dari penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan antara BKPM dengan BPJS Ketenagakerjaan di hadapan peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BKPM bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Kerja sama ini akan mempersingkat proses perizinan dan pendaftaran jaminan sosial. Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto meyakinkan, tidak akan menambah prosedur yang diterapkan kepada investor untuk mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Jadi akan mempersingkat proses perizinan, bahkan akan membangun hubungan yang jauh lebih baik antara pemberi kerja dengan pekerja,” ujarnya usai penandatanganan MoU dengan BKPM di Nusa Dua, Bali, Jumat (24/2).

MoU menyepakati komitmen kedua belah pihak untuk saling memberikan dukungan terkait implementasi program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada penanam modal asing dan penanam modal dalam negeri.

Agus menuturkan, kehadiran BPJS Ketenagakerjaan di PTSP BKPM tidak hanya sebatas layanan namun juga akan ada petugas khusus yang di tempatkan untuk mempermudah para investor mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Pada saat ada perusahaan baru mendaftar, mereka akan langsung mendaftarkan pekerjanya, baik perusahaan dalam negeri maupun asing. BPJS Ketenagakerjaan sifatnya wajib harus diikuti oleh seluruh pekerja yang bekerja di Indonesia termasuk pekerja asing yang bekerja lebih dari 6 bulan,” jelasnya.

Selanjutnya dia mengatakan, saat ini sudah ada 170 PTSP yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia. Sampai dengan 2016 telah terakuisi sebanyak 32.000 perusahaan atau 25% dari total perusahaan baru yang diakuisisi pada 2016.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.