Jumat, 25 September 2020

Pilkada DKI; Tokoh NU Jakarta Dukung Anies-Sandi

Pilkada DKI; Tokoh NU Jakarta Dukung Anies-Sandi

Jakarta, Swamedium.com — Sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Jakarta menyatakan dukungannya ke pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada hari ini.

Ketua Pengurus Cabang NU (PCNU) Jakarta Utara, KH Ali Mahfudz menyatakan, dalam konteks kultur dan jamaah, ia mendukung pencalonan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Secara kultur, secara jamaah, saya dukung Pak Anies,” kata KH Ali usai mengikuti pertemuan tertutup antara Anies dengan pengurus lima PCNU di DKI Jakarta, di Cilandak, Jakarta Selatan pada Jumat (24/2).

KH Ali menjelaskan, dukungannya terhadap pasangan Anies-Sandi ialah karena warga muslim di Jakarta sudah sepakat pada pemahaman bahwa Surat Al-Maidah Ayat 51 memerintahkan untuk memilih pemimpin muslim.

“Umat Islam sudah sepakat bahwa Al-Maidah 51 itu tidak perlu ditakwil kemana-mana. Ayat itu memang bicara soal kepemimpinan dan kekuasaan,” katanya.

Ia menuturkan, sebagai tokoh agama dan NU Jakarta, dirinya merasa perlu mengambil sikap politik. Meskipun AD/ART NU tidak memperbolehkan adanya dukungan politik yang mengatasnamakan organisasi, sebagai tokoh NU ia berhak bersikap.

“NU secara struktur harus tidak kemana-mana, tapi orang NU harus menentukan sikap. Secara AD/ART, NU tidak boleh berafiliasi dengan parpol manapun. Namun, orang-orang NU tetap harus diarahkan kepada siapa mereka memilih pemimpin,” kata dia.

Pernyataan Ali dikuatkan oleh Ketua Tanfidziah Pengurus Wilayah NU (PWNU) DKI Jakarta, KH Munahar Muhtar. “Insya Allah kami dukung Anies-Sandiaga,” ujarnya.

Pertemuan antara Anies dengan pengurus PCNU lima wilayah di DKI Jakarta berlangsung sejak pukul 06.00 WIB. Anies menemui mereka di rumahnya secara tertutup.

Sementara Anies mengaku telah mendapat dukungan secara pribadi dari ketua Rais Suriyah PWNU DKI Jakarta, KH Mahfudz Asirun. Keduanya bertemu dalam pertemuan yang diselenggarakan Forum Ulama dan Habib (FUHB) DKI Jakarta, di Jakarta Timur pada Kamis kemarin. (*/ls)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.