Senin, 21 September 2020

Tentara Irak Ambil Alih Bandara Internasional Mosul

Tentara Irak Ambil Alih Bandara Internasional Mosul

Mosul, Swamedium.com — Angkatan bersenjata Irak berhasil mengambil alih bandara internasional Mosul yang terletak di wilayah barat Kota, Kamis (23/2).

Angkatan bersenjata Irak yang didukung oleh Amerika Serikat (AS) berusaha menguasai Mosul barat yang masih diduduki oleh negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

Satuan antiteror (counterterrorism service, CTS) bersama pasukan elite Kementerian Dalam Negeri Irak yang dikenal sebagai pasukan gerak cepat (rapid response forces) menyambangi Bandara dan kompleks militer Ghazlani di dekatnya pada Kamis pagi menurut pernyataan juru bicara CTS, Sabah al-Numan, kepada stasiun Tv setempat.

Reporter Al Jazeera, Osama Bin Javaid, melaporkan dari Erbil, “Ini adalah salah satu pencapaian besar yang diharapkan oleh tentara Irak pada tahapan pertama memasuki wilayah barat Kota (Mosul).”

“Mereka (tentara Irak) mengatakan bahwa dua bangunan utama Kota telah dihancurkan oleh ISIS dan mereka pun menemukan sejumlah bom mobil terparkir di beberapa lokasi strategis di titik-titik masuk dan di sepanjang landasan terbang Bandara International Mosul,” lanjutnya.

Bandara dan kompleks militer tersebut diambil alih oleh ISIS pada Juni 2014. Sudah hampir tiga tahun keduanya dan daerah sekitarnya diduduki oleh kelompok teroris itu.

Sementara itu, operasi untuk menguasai kembali Kota terbesar kedua Irak itu dimulai sejak Oktober 2016. Wilayah timurnya berhasil dibebaskan pada Januari 2017.

Pertempuran di Mosul barat sangat menakutkan. Jalanan-jalanan di sekitar Sungai Tigris itu sudah tua dan sangat sempit. Kondisi itu memaksa tentara Irak tidak dapat melewatinya dengan kendaraan-kendaraan tempur. Strategi perang kota harus efektif dan efisien. (ais)

Keterangan foto: Lokasi Bandara Internasional Mosul dan kompleks militer Ghazlani, Mosul, Irak, di dalam peta. (sumber: Al Jazeera)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.