Wednesday, 19 February 2020

Bom ISIS Tewaskan Puluhan Warga Desa Sousyan

Bom ISIS Tewaskan Puluhan Warga Desa Sousyan

Ledakan di Desa Sousyan menyerang sebuah pos pemeriksaan keamanan

Aleppo, Swamedium.com — Sebuah bom mobil ISIS menewaskan lebih dari 50 orang di satu desa di Suriah pada Jumat (24/2) menurut laporan pengamat perang.

The Syrian Observatory for Human Rights yang berkantor di Inggris melaporkan, setidaknya 50 orang tewas, lebih dari 30 korban di antaranya merupakan warga sipil.

Ledakan di Desa Sousyan menyerang sebuah pos pemeriksaan keamanan yang dikelola oleh para pejuang antirezim syiah Assad, Free Syrian Army (FSA).

Desa Sousyan berada di sekitar 8 km (5 mil) sebelah barat laut al-Bab.

Seorang pejuang dari Brigade Sultan Murad mengatakan, “Ledakan itu terjadi di sebuah pos pemeriksaan, tetapi saat itu ada beberapa keluarga yang berkumpul di sana sedang menunggu untuk memasuki al-Bab. Oleh sebab itu, banyak korban warga sipil yang gugur.”

FSA yang didukung oleh Turki telah mengusir ISIS dari al-Bab, Kamis (23/2), beberapa pekan setelah Pemerintah Turki ingin membuat zona aman bagi warga sipil Suriah.

Militer Turki mengatakan, Jumat (24/2), bahwa FSA telah menguasai penuh al-Bab, dan pekerjaan membersihkan ranjau-ranjau serta artileri masih berlangsung.

Ledakan kedua terjadi di 2 km sebelah selatan Desa Sousyan. Masih belum diketahui apakah itu berasal dari bom mobil atau alat yang ditanamkan seperti ranjau. Terdapat korban tewas juga, tetapi belum ada detail informasinya.

ISIS menyatakan dalam media sosial, mereka di balik serangan di Desa Sousyan, dan mengakui bahwa mereka telah kehilangan kekuasaan di al-Bab, Kamis (23/2).

Meskipun telah ditinggalkan oleh ISIS, berbagai ancaman bahaya darinya masih mengintai al-Bab. Salah satunya ialah ranjau-ranjau yang tertanam.

Konflik utama di Suriah merupakan perseteruan antara rezim syiah Assad yang didukung oleh Rusia, Iran, dan milisi-milisi syiah dengan para pejuang FSA yang didukung oleh Turki, AS, dan negara-negara Teluk.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.