Rabu, 30 September 2020

DPRD DI Jogyakarta Menyambangi DPR RI

Jakarta, Swamedium.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DI Yogyakarta menyambangi gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (24/2). Kepala Biro Persidangan I Sekretariat Jenderal DPR RI Dimyati Sudja menerima kunjungan DPRD Yogyakarta.

Tujuan Kunjungan DPRD DI Yogyakarta untuk membahas dan berkonsultasi terkait proses pengambilan keputusan serta komposisi pimpinan yang ada di DPR, pasalnya mereka mengeluhkan sulitnya mengambil keputusan di DPRD DI Yogyakarta.

“Mereka konsultasi tentang apakah wakil ketua disini bisa mengambil keputusan dan bagaimana suasana di Rapat Bamus. Ya kita jelaskan bahwa DPR komposisi wakil ketua dibagi kedalam empat bidang yakni Korpolkam, Korkesra, Korekku dan Korinbang,” ujar Dimyati.

Dengan adanya kunjungan DPRD DI Yogyakarta ini mampu memberikan manfaat dengan diterapkannya sistem yang berlaku di DPR untuk DPRD Yogyakarta.

“Dengan adanya beliau kemari, semoga bisa mengacu pada ilmu yang ada dan bisa diterapkan di sana,” jelasnya.

Dalam pertemuan ini juga di hadiri oleh Kepala Bagian Musyawarah Pimpinan Restu Pramojo Pangarso.

Di pertemuan tersebut Restu menjelaskan terkait proses yang ada dalam Badan Musyawarah (Bamus), Ia menuturkan Bamus memiliki kekuatan representasi untuk memutuskan suatu pembahasan dilanjutkan atau tidak.

“Bamus punya kekuatan representasi untuk memutuskan pembahasan dilanjutkan atau tidak. Bamus punya kekuatan untuk menghentikan pembahasan Undang-Undang yang molor,” ungkap Restu.

Restu pun menjelaskan kepada DPRD DI Yogyakarta bahwa Rapat Pimpinan di DPR bisa dilakukan seminggu dua kali, padahal dalam tata tertib di jelaskan bahwa rapat tersebut dijadwalkan minimal satu bulan sekali.

“Pimpinan ini juga punya jadwal minimal satu bulan sekali harus ada Rapim. Tapi karena intensitas dinamika DPR cukup tinggi, maka bisa seminggu dua kali,” tukasnya. (JM)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.