Rabu, 30 September 2020

Izin Lingkungan Pabrik Semen Indonesia Ditandatangani Gubernur Jateng

Izin Lingkungan Pabrik Semen Indonesia Ditandatangani Gubernur Jateng

Semarang, Swamedium.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menandatangani izin lingkungan untuk PT Semen Indonesia di Rembang, Kamis (23/2) malam.

Keputusan Gubernur Nomor 660.1/6 Tahun 2017 tentang izin Lingkungan Kegiatan Penambangan dan Pembangunan Pabrik Semen PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang itu, menurut Ganjar merupakan tindaklanjut dari rekomendasi Komisi Penilai Amdal (KPA).

“Aturannya begitu, hari ini ditandatangani, hari ini juga diumumkan,” kata Ganjar saat dihubungi melalui telepon selulernya pada Kamis (23/2) malam.

KPA terdiri dari unsur pemerintah, pakar, akademisi perguruan tinggi, LSM, dan masyarakat (baik yang pro maupun yang kontra) terdampak pabrik. Dari sidang penilaian dokumen yang digelar di kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng itu, KPA memutuskan bahwa dokumen memenuhi syarat kelayakan. Kemudian direkomendasikan ke Gubernur paling lama 10 hari kerja harus ada tindalanjut berupa keluarnya izin lingkungan.

“Tenggatnya sebelum 24 Februari izin lingkungan sudah harus saya tandatangani, maka malam ini saya tandatangani,” Ganjar menambahkan.

Ganjar juga telah mengirim surat ke Bupati Rembang Abdul Hafidz, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jateng, dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jateng Jateng. yakni agar bersama-sama mengawasi operasional pabrik semen ini.

“Kita awasi bersama-sama untuk melaksanakan komitmen atas lingkungan dan kesejahteraan masyarakat setempat,” pungkasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.