Kamis, 24 September 2020

Beramal Tanpa Batas

Beramal Tanpa Batas

Bandung, Swamedium.com — Beramal tidak harus menunggu waktu tertentu. Misalnya, menunggu kalau sudah menjadi kaya raya, menunggu tercapai cita-cita, dan hal-hal lainnya yang belum tentu terjadi. Satu detik kedepan dalam hidup, tidak ada yang tahu tentang takdir seseorang kecuali Sang Pencipta, Allah SWT.

Bisa jadi kita berencana ini dan itu, tapi satu detik kemudian kita meninggal dunia. Maka dari itu, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengajarkan lakukan amal kebaikan dengan 3 M (Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang terkecil dan Mulai saat ini).

Betapa indah hidup yang diisi dengan kesenangan berbuat kebaikan, tanpa direpotkan dengan keinginan untuk dilihat atau diketahui orang lain. Mau dilihat atau tidak oleh orang lain, mau diketahui atau tidak oleh orang lain, itu perkara kecil bagi kita. Perkara yang besar bagi kita adalah Allah rida pada amal kita.

Berbuat kebaikan dengan niat ikhlas lillaahi ta’ala niscaya jadi tabungan untuk kita. Karena tidak ada satupun perbuatan yang kita lakukan kecuali pasti akan kembali kepada sebagai pelakunya. Kita tidak pernah tahu besok lusa ada takdir apa untuk kita.

Kita tidak tahu akan ada kesulitan seperti apa yang akan menimpa kita. Tapi jikalau kita senang melakulkan kebaikan, itulah yang akan kembali kepada kita. Allah SWT berfirman, “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri.” (QS. Al-Isra [17] : 7)

Tidak sulit untuk mendekat kepada Allah, karena sesungguhnya Allah Maha Dekat. Tidak sulit untuk disayang Allah, karena Allah Maha penyayang. Tidak sulit juga untuk berkedudukan di sisi Allah, karena Allah memang menginginkan kita berkedudukan di sisi-Nya. Namun, semua itu akan menjadi sulit jika kita memang malas untuk berbuat kebaikan.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.