Jumat, 25 September 2020

Komandan Senior Taliban Syahid di Kunduz Akibat Serangan AS

Komandan Senior Taliban Syahid di Kunduz Akibat Serangan AS

Kabul, Swamedium.com — Taliban mengonfirmasi syahidnya seorang komandan senior mereka, Mullah Abdul Salam Akhund, akibat serangan udara AS di Provinsi Kunduz pada Senin (27/2).

Abdul Salam Akhund ialah komandan yang mengawasi serangan Taliban, sehingga mereka berhasil merebut Kota Kunduz pada 2015.

“Beberapa hari yang lalu ia sedang dalam perjalanan, lalu singgah di sebuah rumah di Kota Dashte Archi [di Prov. Kunduz] ketika drone itu menembakkan misil,” kata seorang pejabat senior Taliban kepada Reuters.

Abdul Salam merupakan satu dari tiga korban tewas dalam serangan pesawat terbang tanpa awak AS di Provinsi Kunduz menurut informasi dari pejabat Taliban yang tidak ingin diketahui identitasnya itu.

Sedangkan, seorang komandan senior polisi di utara Afghanistan, Sher Aziz Kamawal, mengatakan bahwa serangan tersebut menewaskan Abdul Salam dan delapan pejuang Taliban yang lainnya.

Juru bicara militer AS mengakui serangan udara di kota itu.

Taliban mendominasi Provinsi Helmand dan Provinsi Urozgan serta berusaha menguasai kedua ibu kotanya yakni Lashkargah dan Tarinkot. Hal itu menandakan menguatnya kembali Taliban dan melemahnya Pemerintah Afghanistan yang didukung oleh Barat. (ais)

Sumber: Al Jazeera dan Reuters. Foto: ist.

Related posts