Senin, 21 September 2020

Pemimpin Taliban Imbau Warga Afghanistan Tanam Pohon

Pemimpin Taliban Imbau Warga Afghanistan Tanam Pohon

Kabul, Swamedium.com — Kelompok Taliban mengumumkan pernyataan, Ahad (26/2), atas nama pemimpin mereka, Haibatullah Akhunzada, agar warga Afghanistan menanam lebih banyak pohon untuk kebaikan alam dan dunia.

Biasanya, kelompok pejuang Taliban menerbitkan pengumuman tanpa tanda tangan berupa data korban sipil, operasi militer berikutnya, dan peringatan menyerahnya Soviet pada ’80-an. Pengumuman terakhir itu ialah “pesan spesial” bertanda tangan pemimpinnya.

Haibatullah merupakan seorang mawlawi, ulama Muslim Afghanistan, yang diduga sedang bersembunyi sejak menjadi pemimpin Taliban pada 25 Mei 2016 setelah wafatnya pemimpin sebelumnya yang seorang mullah, Akhtar Muhammad Manshur, ketika serangan udara AS di Pakistan menewaskannya pada 21 Mei 2016. Ia lebih dikenal sebagai tokoh agama daripada pejuang.

Dalam pernyataan tersebut, Haibatullah mengimbau setiap warga sipil Afghanistan dan pejuang Taliban agar menanam satu atau beberapa tanaman berbuah maupun yang tidak berbuah untuk memperindah bumi dan untuk kebaikan ciptaan Allah Yang Mahakuasa.

Pejuang Taliban melakukan perlawanan terhadap pemerintah Afghanistan dan koalisinya dari NATO sejak pemerintahan Emirat Islam Afghanistan (rezim Taliban) digulingkan oleh Aliansi Utara dengan dukungan Angkatan Udara AS pada 9 Desember 2001.

Sejak penarikan kembali sebagian besar pasukan asing pada 2014, perlawanan Taliban melambat, tetapi tetap bertambah. Kini, ia mengendalikan 40% Afghanistan.

Selain dikenal karena perlawanannya, Taliban memiliki aspirasi politik, kerap memberikan layanan dasar, dan memelihara hubungan di daerah kekuasaannya.

Haibatullah telah mengajar di sebuah masjid di Pakistan selama 15 tahun. Ia mengutip ayat-ayat Alquran dalam pernyataannya demi penanaman pohon di negeri gersang.

“Menanam pepohonan dan agrikulutura adalah amalan mulia untuk memperoleh kebaikan dan manfaat di dunia serta pahala yang banyak di akhirat,” tulisnya. (*/ais)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.