Senin, 14 September 2020

Pilkada DKI dipastikan Lanjut ke Putaran Kedua

Pilkada DKI dipastikan Lanjut ke Putaran Kedua

Jakarta, Swamedium.com — Terkait hasil Pilkada Komisi pemilihan umum (KPU) Jakarta menyatakan, akan berlanjut ke putaran kedua.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara di Jakarta, Minggu (26/2), pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat memperoleh 2.364.577 suara atau 42,99 persen. Pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno mendapatkan 2.197.333 suara atau 39,95 persen. Sedangkan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni berada di posisi buncit dengan raihan 937.955 suara atau 17,05 persen. Hasil ini akan diumumkan secara resmi pada 4 Maret mendatang.

Dilihat dari hasil rekapitulasi perhitungan suara setiap paslon tidak ada yang mendapatkan suara di atas 50%.

Sebab itu, Ketua KPU DKI Jakarta menegaskan, berdasarkan perolehan suara tersebut maka dipastikan Pilkada DKI Jakarta 2017 akan dilanjutkan dengan putaran kedua.

“Sesuai dengan ketentuan Undang-undang 29 tahun 2007 Tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sebagai pemerintahan di Republik Indonesia, jika tidak ada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang meraih suara lebih dari 50 persen maka dilakukan pemungutan suara putaran kedua. Dengan demikian dipastikan Pilkada DKI akan berlanjut dengan putaran kedua,” jelasnya.

Sumarno menuturkan, masing-masing Paslon di beri waktu tiga hari mengajukan gugatan terkait hasil perolehan suara yang di rilis oleh KPU DKI Jakarta, apabila dalam waktu tiga hari tidak gugatan, KPU DKI Jakarta melanjutkan rapat pleno dan menetapkan pemenang Pilgub secara resmi.

“Tiga hari setelah diumumkan, nanti kita dapat keterangan dari MK bahwasanya tidak ada gugatan misalnya, itu diputuskan ada tahap kedua,” tukasnya.

Sebagai catatan bahwa jumlah pemilih di Pilgub DKI adalah 7.356.426 pemilih. Sedangkan warga yang menggunakan hak pilih sebanyak 5.564.313 pemilih. Dan dalam pelaksanaan Pilgub kemarin terindikasi beberapa kecurangan yang terjadi, diantaranya, kasus Iwan bopeng yang sempat menjadi viral di media, sistem KPU yang sempat down, dan di berbagai TPS melakukan pemilihan ulang. (JM)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.