Sunday, 23 February 2020

Rumah DP Nol Persen, Anies: Masa Bisanya Cuma “Nge-Bully”

Rumah DP Nol Persen, Anies: Masa Bisanya Cuma “Nge-Bully”

Jakarta, Swamedium.com — Program rumah dengan uang muka (down payment/DP) nol persen yang ditawarkan oleh calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno banyak mendapat cibiran. Menanggapi hal tersebut, Anies menegaskan program tersebut untuk menyejahterakan warga Jakarta.

“Jadi program ini untuk warga agar sejahtera, mereka bisa memiliki rumah, ini akan kita jadikan sebagai terobosan. Masa untuk motor, mobil, kemudahannya luar biasa, tetapi untuk rumah nggak bisa,” ujar Anies di posko Anies-Sandi Jalan Cicurug No 6, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/2).

“Mari kita miliki (rumah). Aturannya ada legal opinion-nya. Ini serius. Jangan panik kalau lawan bikin terobosan, tawarkan yang lebih baik. Masa bisanya cuma nge-bully?,” sergahnya.

Menurut Anies, selama ini sangat mudah mencicil barang yang harganya turun. Namun tidak demikian dengan barang yang harganya naik, seperti rumah.

“Untuk barang (rumah) yang nilainya naik nggak dicari terobosan. Sebagai gubernur, seharusnya mencari solusi, bukan hanya mengatakan itu nggak bisa,” ucapnya.
“Kenyataan di lapangan, banyak warga Indonesia, tidak hanya warga Jakarta, kesulitan memiliki rumah karena mekanisme pembiayaan. Harusnya ada aturan yang mempermudah,” sambungnya.

Anies menuturkan, program rumah dengan DP nol persen telah mendapat respon positif dari perbankan. Program tersebut juga sudah banyak dilakukan di berbagai negara lainnya. Memudahkan warga memiliki rumah dengan mudah, dikatakan Anies, tergantung pada pemerintahnya.

“Jangan untuk pembangunan rumah mewah dimudahkan, pembangunan rakyat biasa aturannya susah. Jangan untuk gusur nggak lihat peraturan, kalah di PTUN. Tapi untuk membangun rumah rakyat bilangnya nggak bisa,” pungkasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.