Kamis, 24 September 2020

Tidak Asal “Kerja, kerja” Tapi Kerja yang Berkualitas

Tidak Asal “Kerja, kerja” Tapi Kerja yang Berkualitas

Bandung, Swamedium.com — Kemampuan kita memang hanya bisa berusaha. Namun, sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT, apa yang kita kerjakan haruslah menjadi ibadah, karena pekerjaan kita adalah ladang amal kita. Semakin kita yakin kepada Allah, semakin kita akan menyempurnakan ikhtiar kita dalam bekerja.

Sedangkan hukum sebab akibat adalah bagian dari sunnatullah. Jika cara bekerja kita berkualitas, maka pencapaian atau hasil kerja kita pun akan berkualitas. Insyaa Allah!

Bekerja Profesional

Bekerja yang berkualitas itu cirinya professional. Apa yang menjadi tugas kita, maka lakukanlah yang terbaik. Bukan demi mendapat penilaian dan kekaguman makhluk, tapi semata-mata karena mengharap ridha Allah SWT, dan meneladani Rasulullah saw. Di dalam sebuah hadits, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah mencintai seorang diantara kalian yang jika bekerja, maka dia bekerja dengan itqan (professional),” (HR. Baihaqi).

Bekerja secara berkualitas sudah dicontohkan oleh para nabi dan rasul. Tugas utama para nabi dan rasul adalah memang menyampaikan risalah Allah SWT. Akan tetapi, Allah SWT menciptakan mereka dari kalangan manusia yang pada banyak hal memiliki kesamaan dengan manusia biasa pada umumnya. Termasuk dalam hal potensi untuk menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya, atau mencari nafkah.

Mari kita renungkan kisah Nabi Yusuf a.s dalam al-Quran. Allah SWT berfirman, “Dan raja berkata: “Bawalah Yusuf kepadaku, agar aku memilih dia sebagai orang yang rapat kepadaku.” Maka, tatkala raja telah bercakap-cakap dengan dia, raja berkata: “Sesungguhnya kamu mulai hari ini menjadi seseorang yang berkedudukan tinggi lagi dipercayai pada sisi kami”. Berkatalah Yusuf: “Jadikanlah aku bendahawarawan negara (Mesir), sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan.” (QS. Yusuf [12] : 54-55).

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.