Rabu, 30 September 2020

Melongok Liga Thailand: Scott Cooper & Kisah Cinderella Ubon UMT

Melongok Liga Thailand: Scott Cooper & Kisah Cinderella Ubon UMT

Bangkok, Swamedium.com — Liga Thailand, biasa disebut T1, kini tak hanya kisah soal klub-klub hebat macam Muang Thong United, Buriram FC atau juga Suphanburi FC.

Tak juga soal Bangkok United, atau Police Tero yang baru saja merger dengan BEC, atau juga Chiang Rai United yang mencuri perhatian ketika mereka membeli Tanaboon Kesarat senilai Rp 20 Miliar dari Muang Thong United.

T1 kini juga berarti Ubon UMT.

Ubon? Klub apa? Dari mana? Hebatnya apa?

Ubon Ratchathani adalah sebuah provinsi di tenggara Thailand, 630 Km dari ibukota Bangkok dan berbatasan dengan Laos dan Kamboja.

Ubon tadinya hanya klub kampus dan sejak 2015 berbadan hukum dan lalu bergabung di Liga Thailand.

Nah, dari sinilah kisah-kisah hebat mereka dimulai. Sejak April 2015, Ubon resmi mengikat Scott Cooper— eks pelatih Buriram dan Muang Thong yang baru saja putus kontraknya dengan Mitra Kukar FC Tenggarong.

Scott tak peduli kalau Ubon baru beredar di divisi 2 regional, dua level dibawah T1. Tapi dia optimis dan penuh percaya diri.

Tahun 2015 itu, Ubon lolos dari Divisi regional dan promosi ke Divisi 2. Di sini dia sukses, promosi di ujung tahun ke Divisi 1.

Banyak pemain muda dan hebat dicetaknya. Salah satunya striker Saroch Chittong yang, kelak, menjadi bintang tim nasional Thailand.

Sepanjang 2016, Scott Cooper dengan Ubon UMT terus menerus.mencuri perhatian. Hasilnya hebat; Ubon menjadi runner-up dan promosi ke top level liga domestik Thailand.

Tadinya, banyak orang memprediksi, Ubon akan tenggelam dengan nama-nama besar macam Muang Thong, Chonburi dan atau Suphanburi.

Tapi tidak. Scott terus berkarya. Dia mencetak sejumlah anak-anak muda. Dia juga dibantu staff kepelatihan dari Jerman dan Kroasia.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.