Minggu, 25 Oktober 2020

Tentara Syiah Suriah Akan Perangi ISIS di Palmyra untuk Kedua Kalinya

Tentara Syiah Suriah Akan Perangi ISIS di Palmyra untuk Kedua Kalinya

Homs, Swamedium.com — Tentara rezim syiah Suriah yang didukung oleh Rusia akan segera memasuki Kota Palmyra yang diduduki oleh ISIS menurut sumber dari pihak militer pada Rabu (1/3).

Area yang diperebutkan itu dikenal sebagai segitiga Palmyra, terletak beberapa kilometer di sebelah barat Kota. Kota itu sudah dua kali dikuasai oleh ISIS.

ISIS menguasai Palmyra kembali pada Desember 2016. Sebelumnya, rezim syiah Suriah dengan dukungan angkatan udara Rusia mengambil alih Palmyra pada Maret 2016 sejak ISIS berkuasa di sana pada 21 Mei 2015.

ISIS telah menghancurkan dan meruntuhkan monumen-monumen di situs bersejarah Palmyra, termasuk bangunan melengkung monumental yang berusia 1.800 tahun. Terakhir, ISIS meruntuhkan monumen Tetrapylon dan teater Romawi Palmyra.

Situs bersejarah Palmyra merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO. PBB mengutuk penghancuran monumen-monumen itu sebagai kejahatan perang.

Palmyra dalam bahasa Arab disebut sebagai Tadmur (تدمر), terletak di persimpangan peradaban klasik. Dalam dunia modern saat ini, Tadmur merupakan sebuah subdistrik dan distrik di Kota Palmyra. Kota Palmyra berada di provinsi terluas Suriah, yaitu Homs.

Rezim syiah Suriah dan sekutunya kehilangan Kota Palmyra untuk kedua kalinya karena saat itu mereka fokus kepada pejuang Muslim Suriah di Aleppo timur. (*/ais)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.