Selasa, 29 September 2020

Kampar dan Pelalawan Siaga Banjir, Debit Air Waduk PLTA Koto Panjang Meningkat

Kampar dan Pelalawan Siaga Banjir, Debit Air Waduk PLTA Koto Panjang Meningkat

Pekanbaru, Swamedium.com— Tingginya curah hujan di hulu waduk PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, telah meningkatkan debit air waduk. Saat ini ketinggian air waduk mencapai 80 mdpl (meter diatas permukaan laut).

“Jika ketinggian air mencapai 82 mdpl, maka pintu air waduk PLTA Koto Panjang harus segera dibuka. Limpahan air itu akan meningkatkan debit air di Sungai Kampar,” kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur di Pekanbaru, Kamis (2/3).

Kenaikan debit air di Sungai Kampar bakal berakibat banjir di daerah bantaran sungai, mulai dari Kabupaten Kampar hingga Kabupaten Pelalawan.

“Saya sudah minta teman-teman BPBD di Kampar untuk siaga 24 jam sejak kemarin,” ujarnya seperti diberitakan antara.

Disebutkan, kenaikan debit air waduk, karena saat ini curah hujan sangat tinggi di kawasan hulu, yakni perbatasan Riau dan Sumbar, di Kabupaten 50 Kota dan Pasaman Sumatera Barat.

Sementara itu Manajer SDM dan Humas PT PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau, Dwi Suryo juga meminta warga yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar untuk waspada.

Dari data yang ada, saat ini debit air yang masuk ke dalam waduk mencapai 716,36 meter kubik per detik sementara air keluar (outflow) hanya 350,86 meter kubik per detik.

“Dengan “inflow” lebih besar dibandingkan “outflow” maka potensi tinggi muka air waduk akan naik. Apabila mencapai elevasi 82,5 mdpl maka sesuai prosedur akan dilakukan pembukaan pintu air waduk guna melepas sejumlah air waduk,” ucap Dwi. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.