Sabtu, 19 September 2020

Pasang Surut Hubungan Antara Turki dan Iran

Pasang Surut Hubungan Antara Turki dan Iran

Teheran, Swamedium.com — Presiden negara syiah Iran, Hassan Rouhani, dan presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan, bersepakat pada Rabu (1/3) untuk memperbaiki hubungan kedua negara menurut kantor berita IRNA.

Kerja sama bilateral itu, antara lain perang melawan terorisme. Keduanya ingin menyelesaikan perang di Suriah yang berlangsung sejak 2011.

Teheran dan Ankara mendukung pihak yang berbeda dalam konflik di Suriah. Negeri syiah Iran mendukung rezim syiah Assad, sedangkan rezim Erdoğan mendukung para oposannya.

Bulan lalu, Erdoğan dan menteri luar negeri Turki, Mevlüt Çavuşoğlu, menuding Iran berusaha mendestabilisasi Suriah dan Irak serta sektarianis, sehingga membuat Teheran memanggil pulang duta besar Iran untuk Turki di Ankara.

“Penyelesaian perbedaan politis (antara Iran dan Turki) dapat menyebabkan stabilitas di region,” ujar Rouhani kepada Erdoğan ketika konferensi tingkat tinggi kerja sama ekonomi di Islamabad, Pakistan.

Persaingan regional antara keduanya bukanlah hal yang baru. Para analis politik menghubungkan retorika Ankara dengan pendekatan presiden AS, Donald Trump, terhadap Asia Barat.

Trump telah mengkritik keras Iran, terutama karena proyek nuklir Iran.

Dalam upaya konsiliasi Turki, Çavuşoğlu mengatakan kepada IRNA dalam wawancara, Rabu (1/3), bahwa Ankara telah mengapresiasi ekspresi dukungan Teheran kepada pemerintahan Turki ketika kudeta gagal pada 15 Juli 2016.

“Iran bersama kami mendukung Pemerintahan kami setiap menit pada malam itu, sedangkan negara-negara yang lain hanya menghubungi kami beberapa hari, bahkan beberapa pekan setelah upaya kudeta,” kutip IRNA atas ucapan Çavuşoğlu.

Pekan lalu, menteri luar negeri Iran, Javad Zarif, menyebut Turki sebagai tetangga yang tidak berterima kasih.

“Mereka (Turki) menuduh kami sektarianis, tetapi lupa bahwa kami tidak tidur pada malam kudeta itu,” ungkap Javad. (ais)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.