Sabtu, 12 September 2020

KPK Akan Periksa Anggota Komisi III DPR

KPK Akan Periksa Anggota Komisi III DPR

Jakarta, Swamedium.com– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menjadwalkan pemeriksaan kepada salah satu anggota komisi III DPR RI Muhammad Toha.

Pemeriksaan tersebut terkait kasus dugaan suap proyek pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2016.

“Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka YWA (Yudi Widiana Adia),” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah di Kantor KPK, Kuningan Persada, Jakarta (3/3).

Yudi Widiana Adia adalah Wakil Ketua Komisi V, yang telah di tetapkan tersangka oleh KPK. Muhammad Toha menurut penyidik KPK, diduga mengetahui aliran dana suap kepada sejumlah anggota DPR RI Komisi V, sebab Toha sendiri menjabat ketua kelompok dari F-PKB di komisi V pada saat proyek ini di gulirkan, walaupun saat ini Muhammad Toha berpindah Komisi dari Komisi V menjadi Komisi III.

Dalam kasus ini, penyidik KPK telah menetapkan sejumlah anggota DPR dari Komisi V sebagai tersangka karena di sinyalir menerima uang suap, di antaranya Damayanti, Budi Supriyanto, Andi Taufan Tiro, Yudi Widiana Adia, dan Musa Zainuddin.

Nama Yudi sendiri muncul ketika KPK menangkap Damayanti. Setelah menangkap Damayanti, KPK langsung melakukan pemeriksaan ruang kerja Yudi di DPR dan melakukan penggeledahan di kediaman Yudi di Cimahi, Jawa Barat.

Yudi disangkakan menerima suap sekitar Rp 4 miliar dari pengusaha So Kok Seng alias Aseng. Suap tersebut diduga diberikan agar meloloskan para pengusaha mendapatkan proyek pekerjaan pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara, yang berada di bawah koordinasi Kementerian PUPR. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.