Selasa, 29 September 2020

PLTA Koto Panjang Bakal Buka 5 Pintu Air, Waspada Banjir di Kampar

PLTA Koto Panjang Bakal Buka 5 Pintu Air, Waspada Banjir di Kampar

Pekanbaru, Swamedium.com — Manajemen PLTA Koto Panjang, Kampar, Riau bakal membuka lima pintu air, pada Jumat (3/3) pukul 14.00 WIB. Pembukaan itu, akibat meningkatnya debit air yang masuk ke dalam waduk, akibat banjir di aliran Batang Mahat, Pangkalan Sumatera Barat.

Informasi pembukaan lima pintu air PLTA kea rah Sungai Kampar, sudah diberitahu ke Pemkab Kampar, polisi dan pihak terkait lain.

Pejabat Bupati Kampar Syahrial Abdi, dalam pesan berantai yang diterima redaksi, telah meminta pejabat di pemerintahaan Kabupaten Kampar dan Camat untuk mulai siaga banjir.

“Sehubungan dgn rencana pembukaan pintu Air PLTA pada pukul 14.00 WIB hari ini 3 Maret 2017.. maka mohon disebarluaskan informasi tsb,” begitu pesan Pj Bupati Kampar ke seluruh pejabat.

Dalam pesan itu, Pejabat Bupati Kampar berpesan agar masyarakat selalu waspada terhadap kemungkinan terjadi arus deras, dan kenaikan elevasi air pada sepanjang aliran Sungai Kampar. Kenaikan air itu bisa mengakibatkan banjir di sepanjang bantaran sungai.

Dalam himbauan itu, juga dipesankan warga untuk mengurangi aktifitas di sepanjang sungai. Menjaga dan mengamankan asset peternakan, perikanan di sepanjang sungai.

“Selanjutnya kepada camat-camat diminta untuk meneruskan info ini kepada para KUA untuk dapat disampaikan di masjid-masjid pada kesempatan Sholat jumat hari ini,” tulisnya.

Seperti diketahui, hujan deras di kawasan Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat, telah membuat air Batang Mahat di Pangkalan meluap. Banjir pun terjadi dan menenggelamkan sejumlah bangunan di Pangkalan. Tidak itu saja, luapan air sungai juga sampai ke jalan utama arus lalu lintas Sumbar- Riau. Air Batang Mahat ini masuk ke dalam waduk PLTA Koto Panjang. (dr)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.