Jumat, 02 Oktober 2020

Jalur Lintas Sumbar-Riau Lewat Pangkalan Masih Terputus

Jalur Lintas Sumbar-Riau Lewat Pangkalan Masih Terputus

Pangkalan, Swamedium.com—Sampai Minggu (5/3) pagi, jalur lintas utama Sumatera Barat ke Provinsi Riau melewati Kelok 9, Pangkalan, Kabupaten 50 Kota masih terputus. Pasalnya, dua titik longsor di kawasan Kecamatana Pangkalan Koto Baru masih menimbun badan jalan nasional.

Sumber swamedium.com di lokasi, Budi Sukmadianto, anggota Gurila Rescue Sumbar, menyebutkan banyaknya titik longsor yang menimbun badan jalan, membuat pemulihan arus lalu lintas dua provinsi belum bisa.

“Saat sekarang, jalur yang sudah pulih dari kota Pangkalan ke ibukota Kabupaten 50 Kota, Tanjung Pati, Payakumbuh,” kata Budi melalui pesan lewat whatsup, Minggu (5/3).

Disebutkan, lambatnya pemulihan arus lalu lintas, selain titik longsor yang banyak, juga disebabkan hujan masih turun di sekitar lokasi longsor. “Tim yang bekerja membersihkan timbunan material lumpur, harus waspada agar tidak terkena longsor susulan,” ujarnya lagi.

Saat ini, dari empat titik longsor yang besar di kawasa kelok 17 atau di KM 17 Koto Alam, baru dua titik yang sudah terbebas. Dua titik longsor lagi, dimana banyak memakan korban jiwa dan kenderaan, masih belum pulih. Kenderaan yang terseret dan tertimbun longsor, juga belum dievakuasi dari lokasi.

“Tim SAR masih menyisir dibawah jurang untuk mencari korban lain dari kenderaan yang tertimbun, sehingga pembersihaan timbunan longsor belum dilakukan,” tambah Budi.

Untuk sementara, jalur lalu lintas Sumatera Barat-Riau di alihkan melalui jalur alternatif Kilirana Jao Sijungjung-Taluk Kuantan, Kuantan Singingi. (dr)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.