Sabtu, 12 September 2020

Kisah Seorang Tokoh Liverpudlian yang Memeluk Islam

Kisah Seorang Tokoh Liverpudlian yang Memeluk Islam

Liverpool, Swamedium.com – William Henry Quilliam (lahir 10 April 1856 di Liverpool dan meninggal 23 April 1932 di London) merupakan ilmuwan terkemuka yang pada akhirnya menjadi mualaf. Dia mengubah namanya sebagai Abdullah Quilliam yang kemudian diubah lagi menjadi Henri Marcel Leon atau Haroun Mustapha Leon. Akan tetapi, nama Abdullah Quilliam digunakan untuk merujuk dirinya secara resmi.

Pendiri masjid dan Islamic Centre pertama di Inggris ini adalah seorang filologis, ahli geologi, sejarah purba dan mitos, dan teologi berbagai agama.

“…. Di antara umat Islam tidak ada istilah, seperti Turki, Arab, Kurdi, Ajam, Afghanistan, India, atau Inggris. Mereka semua Muslim, dan sesungguhnya mukmin sejati itu bersaudara. Islam dibangun di atas Keesaan Allah, kesatuan agama-Nya, dan persatuan umat Islam. Sejarah menunjukkan bahwa mukmin sejati tidak pernah kalah saat mereka tetap bersatu, tetapi [kalah] hanya jika perpecahan merayap ke dalam barisan mereka. ….” Itulah pernyataan Quilliam yang dimuat majalah the Crescent pada 1896.

Quilliam merupakan keturunan Manx—suku bangsa yang berasal dari Pulau Man (the Isle of Man) di Laut Irlandia yang pada awalnya adalah bangsa Kelt (Celts) dan mendapatkan pengaruh besar dari orang Norsemen dan bangsa Inggris—dan tumbuh sebagai Wesleyan methodist (umat aliran kristen protestan yang berusaha untuk mengikuti metode atau teologi reformis evangelis abad kedelapan belas, John Wesley, dan saudaranya Charles Wesley), tetapi kemudian menjadi penganut unitarianism—ajaran yang menegaskan bahwa tuhan merupakan satu persona, bertentangan dengan trinitas (trinitarianism) yang menetapkan tuhan sebagai tiga sosok yang pada hakikatnya berdampingan dalam satu kesatuan.

Ayah Quilliam, Robert Quilliam, adalah seorang tukang arloji. Quilliam bersekolah di Liverpool Institute dan King William’s College.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.