Kamis, 24 September 2020

Sarjana Teknik Sipil Palestina Temukan Green Cake untuk Membangun Kembali Gazza

Sarjana Teknik Sipil Palestina Temukan Green Cake untuk Membangun Kembali Gazza

Gazza, Swamedium.com — Walaupun orang-orang menertawakannya dan mengatakan ia akan gagal, Majd Masharawi (22), sarjana teknik sipil, bersikeras atas eksperimen setahun lebihnya. Ia yakin dirinya punya solusi untuk rekonstruksi Gazza yang terhenti.

Majd dan temannya, Rawan Abdelatif, telah menciptakan jenis batu bata yang benar-benar dapat digunakan untuk membangun kembali Gazza pada tahun lalu.

Batu bata itu bernama Green Cake. Ia adalah satu-satunya bata di dunia yang menggunakan batu bara dan abu kayu sebagai bahan baku. Green Cake lebih kuat dari batu bata biasa, namun beratnya lebih ringan dan harganya lebih murah.

Keduanya memiliki konsep itu setelah mendapat ilham untuk membantu menurunkan tingkat pengangguran di Gazza yang sudah melampaui 40%.

“Kami bertanya kepada diri sendiri, Gazza menderita karena apa? Hal utama ialah kurangnya bahan bangunan,” kata Majd kepada Al Jazeera. Ia melanjutkan, “Aku katakan [kepada Rawan], semen adalah masalah besar. Mari temukan sebuah alternatif.”

Selama satu dekade kolonialis Israel dan Mesir mengepung Gazza, banyak bahan baku dianggap sebagai alat perlawanan, sehingga dilarang masuk ke teritori Palestina; atau diizinkan masuk, tetapi hanya dalam jumlah yang terbatas.

Pembangunan kembali Gazza telah terhenti sejak serangan kolonialis Israel pada 2014 yang menghancurkan 18.000 rumah dan menelantarkan 75.000 orang (data PBB).

Banyak dari mereka yang tinggal di struktur besi bengkok temporer. Bahkan, bayi-bayi meninggal karena hipotermia dan kurangnya mesin pemanas.

Sejauh ini, Gazza hanya mendapatkan sepertiga semen yang diperlukan untuk rekonstruksi, dan baru 20% dari rumah-rumah yang hancur telah dibangun kembali. Karena jumlah semen yang diizinkan masuk terbatas, bata menjadi mahal dan kualitasnya buruk, kata Majd.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.