Selasa, 29 September 2020

Bagaimana Seseorang Bisa Kebal Terhadap Obat Nyeri

Bagaimana Seseorang Bisa Kebal Terhadap Obat Nyeri

Foto: Tidak semua orang ketika minum obat nyeri, nyerinya bisa hilang (foto: ist)

Jakarta, Swamedium.com– Gejala sakit dan nyeri yang Anda rasakan tidak kunjung hilang, padahal sudah minum obat tersebut dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini dinamakan sebagai kebal terhadap obat nyeri dan nyeri. Namun bagaimana Anda bisa jadi kebal?

Dokter Kirtly Jones, ahli ginekologi dan obstretik dari University of Utah School of Medicine menyebutkan, kebal terhadap obat nyeri sangatlah wajar dan biasa terjadi dalam bidang medis. Apalagi pada orang yang mengalami nyeri kronis, maka peluang untuk terjadinya kekebalan terhadap obat nyeri lebih besar.

Ada berbagai jenis obat nyeri yang sebenarnya bisa mengatasi rasa nyeri dan sakit Anda. Tentunya, setiap obat-obatan tersebut mempunyai cara kerja, efektivitas, serta efek samping yang berbeda.

Sebagian besar obat nyeri memiliki fungsi yang umum, yaitu mengatasi berbagai rasa nyeri dan sakit yang Anda rasakan, entah di mana nyeri itu berasal. Rasa nyeri yang Anda rasakan, sebenarnya muncul akibat adanya zat kimia – yang dihasilkan ketika Anda mengalami luka atau sakit – yang jumlahnya terlalu banyak di otak. Sehingga, otak langsung menghasilkan sinyal rasa nyeri dan sakit. Di sinilah peran obat nyeri, yaitu menghentikan produksi zat kimia tersebut, agar rasa nyeri hilang.

Kemudian, bagaimana bisa seseorang tersebut kebal terhadap obat-obatan yang selalu menjadi andalannya tersebut dalam mengatasi rasa nyeri? Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami toleransi terhadap obat nyeri tersebut.

Apa yang menyebabkan toleransi tubuh pada obat, yang membuat obat nyeri tak mempan lagi?
Toleransi dalam hal ini diartikan sebagai penurunan respon terhadap obat karena pemakaian berulang atau dalam jangka waktu panjang. Sehingga untuk memperoleh efek yang sama, dosis obat harus dinaikkan.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.