Selasa, 29 September 2020

Sidang Ahok: Saksi Fakta Menyebut Nama Gus Dur Dalam Persidangan

Sidang Ahok: Saksi Fakta Menyebut Nama Gus Dur Dalam Persidangan

Jakarta, Swamedium.com– Saksi fakta yang dihadirkan oleh tim kuasa hukum Ahok, Eko Cahyono menyebut nama almarhum Gus Dur saat bersaksi di hadapan majelis hakim.

Dalam persidangan, Eko mengaku pernah bertanya langsung ke almarhum Gus Dur perihal arti dari surat Al Maidah ayat 51, menyebutkan arti pemimpin di surat Al Maidah ayat 51 adalah pemimpin agama.

“Saya pernah membaca terjemahannya. Saya membaca dan bertanya ke teman-teman yang mengerti agama, itu memang dilarang memilih pemimpin kafir itu dalam konteks memilih pemimpin agama,” ujar saksi Eko Cahyono dalam lanjutan sidang di Auditorium Kementerian Pertanian, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan (7/3).

“Termasuk (bertanya) kepada Gus Dur. Bukan memilih pemimpin negara,” lanjutnya.
Majelis Hakim menanggapi,”Kalau pemimpin agama ya memang harus yang seagama.”

Lantas hakim menanyakan apakah Ahok sebelumnya juga pernah membahas Al-Maidah ayat 51.

“Selain kata-kata itu diucapkan di Kepulauan Seribu tadi, apakah saudara juga melihat entah dari video atau dari mana, atau mendengarkan bahwa terdakwa juga mengucapkan kata-kata serupa di kesempatan yang lain?” tanya majelis hakim.

“Tidak tahu Yang Mulia,” jawab Eko.

Eko juga mengakui tidak pernah menanyakan langsung kepada Ahok mengenai ucapannya menyinggung Surat Al Maidah dan perihal kasus penistaan agama.

“Tidak pernah menanyakan. Karena saya yakin Pak Basuki nggak menista agama,” kata Eko.

“Bukan soal yakin tidak yakin, namanya teman itu kan menanyakan. Kebetulan apalagi teman mendapat masalah. Kebetulan saudara tidak menanyakan ya,” tegas Majelis Hakim menanggapi jawaban saksi. (JM/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.