Rabu, 23 September 2020

Surabaya Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Belasan Pohon Tumbang

Surabaya Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Belasan Pohon Tumbang

Surabaya, Swamedium.com– Hujan deras disertai angin kencang terjadi Selasa (7/3) sore tadi di Kota Surabaya, Jawa Timur. Hujan yang sempat berbentuk potongan-potongan es itu mengakibatkan belasan pohon tumbang. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Hujan deras disertai angin kencang meluas di berbagai lokasi. Berdasarkan informasi yang dihimpun Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas) Surabaya, belasan pohon tumbang dan tembok rumah roboh akibat tertimpa pohon. Berdasarkan data Bakesbangpol Linmas Surabaya, terdapat dua pengendara sepeda motor, satu pengemudi mobil, dan dua rumah turut menjadi korban, meskipun tak ada korban jiwa.

Menurut petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya, Arif Krisna, hujan es bisa terjadi akibat posisi awan kumulonimbus berada pada ketinggian lebih dari empat kilometer di atas permukaan laut.

Awan yang melewati titik beku ini membuat butiran hujan di dalam awan tak mencair, sehingga saat turun ke bumi masih berbentuk butiran es.

“Pada ketinggian ini, suhu permukaan sangat rendah,” jelas Arief. (*/ls)

Foto: ist

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.