Sabtu, 12 September 2020

Puluhan Titik Longsor Isolir Ribuan Warga di Kapur IX Sumbar

Puluhan Titik Longsor Isolir Ribuan Warga di Kapur IX Sumbar

Foto: Warga bergotong royong membersihkan material longsor yang menutup akses jalan ke Galugua Kecamatan Kapur IX, Kab.50 Kota, Sumbar (foto: beritasumbar)

Sarilamak, Swamedium.com— Memasuki hari ke enam pasca banjir dan longsor melanda kawasan Kecamatan Pangkalan Koto dan Kecamatan Kapur IX Kabupaten 50 Kota, Sumbar, sejumlah kampung masih terisolir. Diperkirakan ribuan warga terisolir di Kecamatan Kapur IX.

Laporan dari posko penanggulangan bencana (BPBD) Kabupaten 50 Kota menyebutkan, ada 7 nagari yang terisolir di Kapur IX. Sekitar 40 titik longsor telah memutus jalur transportasi dari Ibukota Kabupaten 50 Kota di Sarilamak ke perkampungan tersebut.

“Paling parah itu, di ruas jalan Galugua ada 4 titik longsor dan jalan terban, serta di ruas Lubuak Alai-Koto Lamo yang jumlahnya 17 titik. Dari jalan ini, tepatnya di KM 6 dan 7, itu terparah. Material longsor ada ribuan kubik,” kata Yunire Yunirman, Kepala Dinas PU 50 Kota, seperti dikutip hariansinggalang.co, Rabu (8/3).

Untuk membersihkan material longsor dan menimbun badan jalan yang terban di beberapa nagari di Kapur IX, kemarin Dinas PU sudah mengirim 3 unit alat berat.

Daerah yang terdampak adalah kenagarian Muaro paiti, Durian Tinggi, Galugua, Sialang, Koto lamo, Lubuak Alai dan Koto Tangah. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.