Jumat, 25 September 2020

Sidang Kasus e-KTP Besok Tidak Disiarkan Secara Live

Sidang Kasus e-KTP Besok Tidak Disiarkan Secara Live

Foto: Yohanes Priyana, Humas Pengadilan Tipikor Jakpus (foto: kumparan )

Jakarta, Swamedium.com– Rencana persidangan kasus proyek pengadaan e-KTP yang akan disidangkan hari Kamis esok yang digelar di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat tidak akan disiarkan secara live (Langsung).

“Kemarin dengan mengingat sebelumnya pengadilan sudah mengambil sikap bahwa persidangan sekarang tidak boleh live lagi. Jadi peliputan boleh tapi tidak live,” ujar Humas Pengadilan Tipikor, Yohanes Priana di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat (8/3).

Sidang akan dipimpin oleh Majelis Hakim terdiri atas Jhon Halasan Butarbutar sebagai ketua, didampingi hakim anggota 1 Franky Tumbuwun, hakim anggota 2 Emilia, hakim anggota 3 Anwar dan hakim anggota 4 Ansyori Syaifuddin.

“Ketua PN Jakpus sudah membuat surat keputusan ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kelas 1A khusus nomor W10.U1/KP.01.1.17505XI.2016.01 tentang larangan Peliputan atau Penyiaran Persidangan secara langsung oleh media televisi di lingkungan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kelas 1A Khusus,” jelas Yohanes.

Ia menuturkan, alasan mengapa tidak disiarkan secara live, dikarenakan belajar dari pengalaman persidangan sebelumnya sebagai contoh persidangan Jessica Kumala Wongso, dan dikhawatirkan logika hukumnya menjadi terbalik.

“Boleh direkam tapi di sidang ada etika,” kata Yohanes.

Sidang ini menghadirkan dua terdakwa, yakni mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Irman dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen Sugiharto.

Kedua Terdakwa ini sebelumnya sudah melakukan pengajuan justice collaborator (JC) atau saksi pelaku yang membantu penegak hukum untuk membongkar perbuatan pidana. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.