Selasa, 29 September 2020

Begini Cara Pengembalian Barang Bukti Kasus Penipuan Koperasi Pandawa

Begini Cara Pengembalian Barang Bukti Kasus Penipuan Koperasi Pandawa

Foto: Polda Metro Jaya merilis kasus penipuan Koperasi Pandawa Grup. (foto: Yoga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com– Kasus penipuan Koperasi Simpan Pinjam Pandawa Mandiri Grup banyak menyita perhatian masyarakat, terlebih lagi untuk para korban yang telah dirugikan akibat penipuan berkedok investasi.

Total aset yang berhasil disita Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya bernilai 1,5 triliun rupiah. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan pihak kepolisian selain berupa uang, polisi berhasil mengamankan sejumlah kendaraan dan surat-surat berharga dari tangan tersangka.

Adapun laporan ke pihak kepolisian hingga saat ini berjumlah 31 laporan, dimana jumlah korban penipuan 5.469 orang. Banyak korban yang bertanya tentang bagaimana cara pengembalian kerugian yang mereka alami.

“Dari aset yang disita dari oleh pihak kepolisian, akan diajukan ke penuntut umum, sebelum adanya sidang dan keputusan dari hakim sampai adanya inkracht (berkekuatan hukum tetap),” ujar KabidHumas Polda MetroJaya Kombes Pol Argo Yuwono saat jumpa pers, Kamis (9/3).

Selain itu para korban kasus penipuan Koperasi Pandawa dapat mengurus pengembalian kerugian bisa dilakukan dengan laporan perdata ke pihak kepolisian.

“Satu lagi, korban bisa melaporkan perdata ke pihak kami (Polda Metro Jaya). Jadi ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk pengembalian aset tersebut,” pungkas Argo. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.