Minggu, 20 September 2020

Didemo Karyawannya, Inilah Jawaban Manajemen Bank Danamon

Didemo Karyawannya, Inilah Jawaban Manajemen Bank Danamon

Foto: Unjuk rasa karyawan Bank Danamon di OJK Surabaya. (foto: Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com– Manajemen Bank Danamon membantah telah menelantarkan ribuan karyawannya dalam PHK massal yang dilakukan di seluruh Indonesia. Melalui Heriyanto Agung Putra, salah satu direktur Danamon di Surabaya, Kamis (9/3), manajemen mengaku sudah memberikan semua fasilitas kepada serikat pekerja (SP), termasuk melakukan audiensi dengan SP.

”Bank Danamon adalah perusahaan terbuka dan tunduk pada Undang-Undang tenaga kerja yang berlaku di Indonesia. Jadi, kami tak mungkin masalah tenaga kerja tidak sesuai dengan UU yang berlaku,” ungkap Heriyanto.

Heriyanto juga menolak pihaknya disebut telah melakukan PHK massal dan tidak membayarkan uang lembur kepada karyawan. “Tidak ada yang namanya PHK massal,” ujarnya.

Menurutnya, dalam PHK itu, bentuk, jenis, dan definisinya cukup luas. “Seperti orang yang bekerja itu mengundurkan diri, karena usia yang sudah waktunya untuk pensiun bekerja, kemudian kontrak kerja sudah habis,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, SP Bank Danamon menggelar aksi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Jawa Timur di Surabaya, Kamis (9/3). Mereka menuntut agar Dirut Bank Danamon SNG Seow Wah dicopot dari jabatannya karena telah menelantarkan karyawan yang berdampak pada PHK massal terhadap 10 ribu karyawannya di seluruh Indonesia.

Dalam aksi tersebut, SP Bank Danamon mengeluarkan beberapa pernyataan sikap, antara lain hentikan PHK massal, kembalikan uang cuti karyawan, kembalikan benefit asuransi, dan hentikan praktik perbudakan, seperti lembur tidak dibayar, serta tolak outsourcing. (Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.